UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS 1 MI AN-NAJAH SESELA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT

RINI, SAFIRA DEWI (2024) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR CALISTUNG SISWA KELAS 1 MI AN-NAJAH SESELA GUNUNGSARI LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_RINI SAFIRA DEWI_NIM 2020G1B033_PGMI.pdf

Download (681kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_RINI SAFIRA DEWI_NIM 2020G1B033_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
RINI SAFIRA DEWI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan calistung yang harus dikuasai oleh siswa kelas 1 mengingat kemampuan membaca, menulis dan berhitung adalah kemampuan dasar untuk bisa memahami materi pembelajaran lainnya. Kesulitan belajar calistung merupakan masalah yang harus di selesaikan oleh lembaga sekolah demi tersampaikannya materi ajar seperti seharusnya. Guru sebagai tenaga pendidik berupaya dengan segenap usaha melalui pembiasaan dan les tambahan untuk memenuhi tugas profesinya mengatasi kesulitan belajar calistung. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar calistung juga menemukan kendalanya. Sekaligus melihat peningkatan yang terjadi dari upaya yang telah dikerahkan dalam mengatasi kesulitan belajar calistung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pembelajaran Agama Islam, guru-guru kelas 1 dan siswa/siswi di MI An-Najah Sesela. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data di analisis dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan (counclusion drawin/verifying). Pengecekan keabsahan data adalah dengan perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengatasi kesulitan belajar calistung siswa kelas 1 di MI An-Najah sesela, guru menerapkan metode pembiasaan membaca, menulis dan berhitung juga les tambahan. Peningkatan kemampuan calistung kelas 1A dapat dikatagorikan 100%, kelas 1B 50% dan kelas 1C 100%.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUSTFA, ALInidn0805108503
Thesis advisorAQODIAH, AQODIAHnidn0815027401
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Calistung
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rini Safira Dewi
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:37
Last Modified: 17 Sep 2024 06:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9893

Actions (login required)

View Item View Item