KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INTEGRATE READING AND COOMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA PENDEK PADA KELAS 4 SD NEGERI 20 AMPENAN

SRIMULIANI, SRIMULIANI (2024) KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INTEGRATE READING AND COOMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA PENDEK PADA KELAS 4 SD NEGERI 20 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Integrate Reading And Coomposition (CIRC) dalam pembelajaran kemampuan memahami isi cerita pendek siswa kelas IV SD 20 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) design dengan pretest dan postest. Variable penelitian yaitu (1) variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran CIRC dan (2) variabel terikat adalah kemampuan memahami isi siswa. Sampel penelitian menggunakan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian keefektifan model pembelajaran CIRC dapat disimpulkan sebagai berikut, (1) kemampuan memahami isi cerita pendek siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC memiliki nilai rata-rata pre-test sebesar 42,67 dan nilai rata-rata pos-tets sebesar 82,67; (2) kemampuan memahami isi cerita pendek dengan menggunakan metode konvensional memiliki nilai rata-rata pre-test sebesar 52,14 dan nilai rata-rata pos-test sebesar 57,14; dan (3) penggunaan model CIRC lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan memahami isi cerita pendek siswa berdasarkan nilai sig.2 tailled sebesar 0,002 lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 (5%). Dengan demikian, model CIRC lebih efektif digunakan dalam pembelajaran memahami isi cerita pendek karena dapat meningkatkan kemampuan memahami isi cerita pendek siswa dengan cukup signifikan,

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Thesis advisorBAIQ, DESI MILANDARInidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Keefetifan, model CIRC, Kemampuan memahami cerita pendek
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Srimuliani Srimuliani
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:09
Last Modified: 18 Sep 2024 04:09
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9889

Actions (login required)

View Item View Item