SALMAINI, SALMAINI (2024) DISFEMISME DALAM NOVEL RETAK KARYA AZARA NATASYA: SEBUAH KAJIAN SEMANTIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (3MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk disfemisme pada novel Retak karya Azhara Natasya untuk selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan kajian semantik. Selanjutnya tujuan lain penelitian ini adalah mendeskripsikan latar belakang psikologi tokoh dalam menggunakan disfemisme pada novel Retak karya Azhara Natasya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat serta menggunakan metode telaah pustaka. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi disfemisme dalam bentuk kata, frasa, dan klausa. Selanjutnya, hasil penelitian yang diperoleh juga berupa latar belakang tokoh menggunakan difemisme adalah sebagai bentuk kemarahan, kekecewaan, dan keputusasaan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan banyak bentuk disfemisme pada novel Retak karya Azhara Natasya yang digunakan oleh penulis.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Semantik, Disfemisme, Novel Retak, Latar Belakang Psikologi Tokoh | |||||||||
Subjects: | 400 Bahasa > 415 Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Salmaini Salmaini | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2024 07:14 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2024 07:14 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9888 |
Actions (login required)
View Item |