PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 15 MATARAM

ERA, FAZIRAH (2024) PENGARUH KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM MATA PELAJARAN IPAS DI SDN 15 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan pendekatan saintific ini dapat tercipta aktivitas belajar siswa dengan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 15 Mataram. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian quasi eksperimental designe dengan pendekatan kuantitatif dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan kelas V SDN 15 Mataram yang terdiri dari dua kelas yaitu 20 siswa kelas kontrol 20 siswa kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah obervasi, angket dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel (5.218 ≥ 2,024), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha terima. Hal ini menunjukkan, bahwa hipotesa (Ha) yang berbunyi bahwa ada pengaruh kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V melalui pendekatan scientific dalam mata pelajaran IPAS di SDN 15 Mataram, dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorLINDA, SEKAR UTAMInidn0817088304
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berfikir Kreatif, Pendekatan Scientific, Mata Pelajaran IPAS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Era Fazirah
Date Deposited: 27 Sep 2024 09:19
Last Modified: 27 Sep 2024 09:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9875

Actions (login required)

View Item View Item