Abdullah, Yusup (2024) REDESIGN JEMBATAN MEDAS KECAMATAN GUNUNGSARI LOMBOK BARAT MENGGUNAKAN BETON PRATEGANG TYPE I-GIRDER. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
ABDULLAH YUSUP 2020D1B024.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu jembatan yang baru selesai dibangun disekitar pulau Lombok tepatnya di Desa Medas, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat adalah Jembatan Medas dengan tipe jembatan konvensional (beton bertulang). Jembatan beton bertulang termasuk jembatan yang memiliki kekurangan pada kuat tarik yang relatif rendah, sedangkan jembatan beton prategang memiliki kuat tarik yang relatif tinggi, ditambah biaya yang relatif rendah dan pengerjaan yang relatif cepat. Beberapa waktu lalu Jembatan Medas mengalami kerusakan akibar banjir, yang dimana kerusakan yang terjadi diindikasikan terjadi akibat tekanan hidrostatika banjir yang tidak dapat ditahan oleh jembatan. Penelitian ini bertujuan melakukan redesign Jembatan Medas dari jembatan konvensional dengan menggunakan beton prategang dengan type I-Girder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis manual dengan bantuan Microsoft Excel berdasarkan pada SNI 1725:2016 tentang pembebanan untuk jembatan dan SNI 2833:2016 pembebanan jembatan terhadap gempa. Hasil perencanaan yang didapatkan berupa dimensi struktur atas jembatan antara lain seperti tiang sandaran dengan tinggi 1,25 m dengan jarak 2 m, plat lantai dengan tebal beton 0,02 m, diafragma dengan panjang 1,2 m, tinggi 1,2 m dan tebal 0,2 m, gelagar I-Girder dengan tinggi 1,25 m lebar 0,7 m yang terdiri dari 4 tendon dengan 12 dari setiap tendon, serta elastomer tebal cover atas 0,04 m cover bawah 0,04 m. Sedangkan, didapatkan dimensi struktur bawah jembatan diantara lain, pondasi sumuran dengan tinggi 3 m, diameter 4 m, tebal dinding 0,4 m. Breast wall atas dengan lebar 10 m, tebal 0,3 m, back wall bawah dengan tebal 0,6 m lebar 10 m serta wing wall dengan tebal 1,2 m dan lebar 3,75 m. Perencanaan dimensi pada struktur atas dan struktur bawah tersebut telah memenuhi syarat yang berlaku. Kata Kunci : Jembatan Medas, Gelagar, Prategang, I-Girder
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Jembatan Medas, Gelagar, Prategang, I-Girder | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Abdullah Yusuf | |||||||||
Date Deposited: | 13 Sep 2024 08:44 | |||||||||
Last Modified: | 13 Sep 2024 08:44 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9861 |
Actions (login required)
View Item |