FERI, IRAWAN (2024) ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE PKJI 2023 DAN MKJI 1997 (STUDI KASUS SIMPANG EMPAT KARANG JASI CAKRA NEGARA). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB 1, dan BAB V.pdf Download (12MB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan jumlah penduduk kota mataram mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dengan pertumbuhan tersebut membawa dampak negatif pada simpang seperti kemacetan lalu lintas, terutama disimpang-simpang jalan seperti simpang empat Karang Jasi Cakranegara. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja dan tingkat pelayanan lalu lintas, untuk mengetahui alternatif dan solusi penanganan simpang, serta untuk menganalisis perbandingan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Metode kuantitatif yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data primer seperti data geometrik jalan, kondisi lingkungan, volume arus lalu lintas dan data skunder seperti data jumlah penduduk. Selanjutnya dilakukan pengolahan data tersebut secara manual dengan panduan pedoman manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997) dan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Hasil yang didapatkan dari menggunakan metode MKJI 1997 adalah kapasitas simpang sebesar (C), 2428,63 smp/jam, dereajat kejenuhan (DS), 0,879, tundaan lalu lintas simpang DTI, 10,849 det/smp, tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA ), 7,876 det/smp, Penentuan Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI), 5,192 det/jam, tundaan geometrik simpang (DG), 4,324 det/smp, Tundaan simpang (D), 15,173 det/smp, Peluang antrian simpang (QP%) Batas Atas, 61,219 %, (QP%) batas bawah, 31,015 %. Dan tingkat pelayanan adalah E (kondisi arus Berbeda - beda terkadang berhenti, volume mendekati kapasitas. Dengan menggunakan PKJI 2023 nilai kapasitas simpang yang didapat sebesar C, 2428,63 smp/jam,derajat kejenuhan (DJ), 0,459, Tundaan Lalu Lintas (TLL), 5,527, Tundaan Lalu Lintas Jalan Utama (TLLma), 4,142 untuk Tundaan Lalu Lintas Jalan Minor (TLLmi) = 6,967, Tundaan Geometri Simpang (TG), 5,45 detik/smp, Tundaan Simpang (T), 10,97, Peluang Antrian Batas Atas Pa, 22,160 %, batas bawah Peluang, 9,507 %. Dan tingkat pelayannnya adalah C (Arus stabil; tetapi kecepatan dikontrol oleh lalu lintas, volume pelayanan yang dipakai untuk desain jalan perkotaan).
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisa Kinerja Simpang, Tak Bersinyal, PKJI 2023, MKJI 1997 | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Feri Irawan | |||||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2024 03:34 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2024 03:34 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9813 |
Actions (login required)
View Item |