PENGEMBANGAN MEDIA KAMUS BAHASA BIMA BERGAMBAR UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA KELAS III DI SDN 2 NATA TAHUN AJARAN 2023/2024

PUTRI, ANAMALINDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KAMUS BAHASA BIMA BERGAMBAR UNTUK MENUNJANG KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA KELAS III DI SDN 2 NATA TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V.pdf

Download (12MB)
[img] Text
COEVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy

Abstract

Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi utama bahasa adalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Keterampilan berbahasa merupakan hal utama yang perlu dimiliki oleh setiap orang, karena dengan berbahasa yang baik dan lancar menampilkan sosok yang cerdas dan lebih berwibawa. Jenis penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi utama bahasa adalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain. Keterampilan berbahasa merupakan hal utama yang perlu dimiliki oleh setiap orang, karena dengan berbahasa yang baik dan lancar menampilkan sosok yang cerdas dan lebih) merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk .Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4D. Pada penelitian ini, tahap uji coba produk yang peneliti buat di priksa dalam hal ini untuk menentukan kualitasnya secara keseluruhan validasi produk pengembangan di lakukan oleh ahli validasi media dan ahli validasi bahasa. Secara khusus penelitian yang dihasilkan sesuai dengan model 4-D, yang hanya terbatas pada beberapa langkah, termasuk uji validitas, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Aspek pengembangan media diamati dalam uji validitas ini, yang di nilai oleh ahli media dan ahli bahasa uji validitas di lanjutkan dengan uji kepraktisan yang dalam hal ini didasarkan pada data respon siswa kelas IV SDN 2 Nata dengan jumlah siswa 9 orang sebagai teks terbatas, sedangkan uji keefektifan di lakukan dengan pembagian soal post-test pada siswa kelas III SDN 2 Nata dengan jumlah siswa 17 orang. Hasil kevalidan media kamus bergambar yang dikembangkan diperoleh data dari 4 validator yaitu validasi ahli media diperoleh presentase 95,45% dengan kategori sangat valid, untuk validasi ahli bahasa dengan presentase 88,75 % dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media kamus bergambar berdasarkan respon siswa yang diperoleh dari data uji coba terbatas di SDN 2 Nata dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79,72 % dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media kamus bergambar dapat dilihat dari angket hasil belajar siswa diperoleh dari uji lapangan operasional kelas III di SDN 2 Nata dengan nilai Pretest 52,27 %, rata-rata posttest 0,090 % dan nilai n-gain 5.435 % dengan kategori “Efektif”.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, kamus bahasa bima bergambar, kemampuan berbahasa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Putri Amalinda
Date Deposited: 17 Sep 2024 01:43
Last Modified: 17 Sep 2024 01:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9782

Actions (login required)

View Item View Item