penggunaan konsep free voluntary listening dalam meningkatkan maharatul istima, di madrasah tsanawiyah al-muwahhidin Lelede Lombok Barat tahun ajaran 2023/2024

Adiansyah, Adiansyah (2024) penggunaan konsep free voluntary listening dalam meningkatkan maharatul istima, di madrasah tsanawiyah al-muwahhidin Lelede Lombok Barat tahun ajaran 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_ADIANSYAH 2020G1A018.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
Adiansyah 2.docx (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan konsep Free Voluntary Listening dalam meningkatkan (keterampilan mendengarkan) di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede Lombok Barat. Dan bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan konsep free voluntary listening di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede, dengan sampel berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yaitu, observasi, wawancara dokumentasi dan kuesioner untuk mengukur peningkatan keterampilan mendengar siswa dalam pembelajaran menggunakan konsep free voluntary listening serta wawancara mendalam untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan konsep free voluntary listening. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penerapan konsep free voluntary listening dalam pembelajaran berbasis mendengar di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede dilakukan melalui beberapa tahapan: pemilihan materi audio yang menarik bagi siswa, penjadwalan waktu mendengarkan secara teratur, dan diskusi kelompok untuk membahas isi materi yang didengarkan. Hasil wawancara mendalam mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan free voluntary listening, antara lain minat terhadap materi audio, frekuensi mendengarkan, dan dukungan dari guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep Free Voluntary Listening efektif diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan maharatul istima' di Madrasah Tsanawiyyah Al-Muwwahidin Lelede, Lombok Barat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHusnan, Husnannidn2008407080
Thesis advisorNurjannah, Nurjannahnidn2058213080
Uncontrolled Keywords: Free Voluntary Listening, maharatul istima', keterampilan mendengarkan, pembelajaran bahasa Arab, Madrasah Tsanawiyyah
Subjects: 200 Agama > 2X0 Islam Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Adiansyah Adiansyah
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:50
Last Modified: 13 Sep 2024 01:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9762

Actions (login required)

View Item View Item