INAYATUL, FATEHAH (2024) PERAN GURU PADA PENGELOLAN KELAS DALAM MENGATASI TINGKAT KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG KECAMATAN GUNUNGSARI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_INAYATUL FATEHAH_NIM 2020G1B001_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_INAYATUL FATEHAH_NIM 2020G1B001_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
ISI SKRIPSI lNAYATUL 2024.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran guru pada pengelolaan kelas dan untuk menjelaskan strategi guru dalam mengatasi tingkat kejenuhan belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatusshibyan NW Belencong Kecamatan Gununsari dan untuk menjelaskan kejenuhan belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah raudlatusshibyan NW Belncong Kecamatan Gunungsari. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini adalah wali kelas V, guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, konvensasi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebahasaan data adalah dengan perpanjang pengamatan, peningkatan ketentuan pengamatan, triangulasi dan kecukupan refrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam peran guru pada pengelolaan kelas dalam mengatasi kejenuhan belajar siwa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Raudlatusshibyan NW Belencong Kecamatan Gunungsari. Adapun peran guru dalam pengelolaan kelas yakni dengan penyediaan fasilitas, mengatur tata ruangan kleas, mulai dari penataan tempat duduk, dekorasi ruang kelas. Guru menerapkan metode ice breaking, metode diskusi, metode tanya jawab dan penggunaan media pembelajaran yang menarik. Adapun peningkatan yang dapat dilihat dari peran yang dilakukan oleh lembaga sekolah dan tenaga pendidik tergolong baik, dan dengan diterapkannya metode-metode tersebut siswa lebih bersemangat dalam belajar dan fokus dalam mengikuti pelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Pengelolaan Kelas, Kejenuhan Belajar | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Inayatul Fatehah | |||||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2024 07:12 | |||||||||
Last Modified: | 17 Sep 2024 07:12 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9736 |
Actions (login required)
View Item |