LISA, ULANDARI (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 2 DENGAN MEDIA BIG BOOK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QUR’AN PAGUTAN MATARAM TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_LISA ULANDARI_NIM 2020G1B036_PGMI.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_LISA ULANDARI_NIM 2020G1B036_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (similarity check)
Lisa Ulandari (2).docx (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peningkatan membaca siswa kelas 2 mengingat kemampuan membaca adalah kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas 2 untuk dapat menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru dengan baik. Media big book adalah perantara yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media big book siswa kelas 2 sekaligus mengetahui hasil penerapan peningkatan kemampuan membaca dari penerapan media big book. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas 2, guru IPAS kelas 2, dan siswa/ siswi di kelas 2 MI Nurul Qur’an Pagutan Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi, data dianalisis dengan reduksi data, (data reduction), penyajian data (display data) dan penarikan Kesimpulan (counclusion drawin/verifying).pengecekan keabsahan data adalah dengan Panjang pengamatan, peningkatan, ketekunan pengamatan, trigulasi dan kecukupan refrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 MI Nurul Qur’an Pagutan Mataram guru menggunakan media big book sebagai media ajar dengan kegiatan yang dilakukan yakni tahap penerapan media big book dan tahap peningkatan penerapan media big book.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kemampuan Membaca, Media Big book | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Lisa Ulandari | |||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2024 11:50 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2024 11:50 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9586 |
Actions (login required)
View Item |