PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI INSHOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2023/2024

DERWINA, NUNUT (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI INSHOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
Derwina Nunut 3.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV pada tema 3 (Peduli terhadap makhluk hidup) subtema 1 (hewan dan tumbuhan dilingkungan rumahku) di SDN 15 Mataram. Jenis penelitian ini menggunakan R&D (Research & Development) dengan model pengembangan Dick & Carry. Pengembangan media pembelajaran ini telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi yang telah memenuhi kategori sangat layak dan sangat baik berdasarkan penilaian yang diberikan ahli media, ahli materi, guru serta angket respon siswa dan angke motivasi pada uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Dengan validasi dari kedua validator peroleh dengan skor rata-rata 97,22% sangat valid untuk media sedangkan nilai rata- rata untuk materi dengan skor 97,5% sangat valid Angket respon siswa uji terbatas yang diberikan kepada peserta didik kelas IV yang menunjukkan kepraktisan media video animasi dengan nilai rata-rata yang diperoleh 95,35.% sangat praktis. Keefektifan media pembelajaran ini dilihat dari tingkat kualitas media video animasi terhadap meningkatkan motivasi belajar siswa yang diukur menggunakan angket motivasi belajar yang diberikan kepada peserta didik pada uji lapangan pada kelas IV SDN 15 Mataram dengan perolehan skor pre-test 26 sedangkan perolehan nilai post-test dengan skor 35,2 sehingga nilai gain standar dengan skor 0,68 dengan kategori sedang. Selain itu keefektifan media video animasi dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan perolehan hasil data yaitu 96% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video animasi yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Thesis advisorBAIQ, DESI MILANDARInidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Aplikasi Inshot, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Derwina Nunut
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:10
Last Modified: 21 Mar 2024 07:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8890

Actions (login required)

View Item View Item