INTAN, LESTARI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET PADA SISWA KELAS V SDN 2 KURANJI MATARAM TAHUN 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
C0VER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV..pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V..pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
Similarity..pdf Restricted to Repository staff only Download (916kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu analisis kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan Taksonomi Barret dengan cara mendeskripsikan dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini di laksanakan di SDN 2 Kuranji Mataram Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 24 orang siswa, dan wali kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman berdasarkan Taksonomi Barret adalah sebagai berikut: (1) Pemahaman harfiah dapat dikatagorikan tinggi dengan jumlah presentasi 83,33% (2) Pemahaman reorganisasi dapat dikatagorikan sedang dengan jumlah presentasi 54,16% (3) Pemahaman inferensial dapat dikatagorikan rendah dengan jumlah presentasi 41,66% (4) Pemahaman Evaluasi dapat dikatagorikan tinggi dengan jumlah presentasi 66,66% dan (5) Pemahaman apresiasi dapat dikatagorikan sedang dengan jumlah presentasi 54,16%. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman adalah faktor internal meliputi: tingkatan intelejensia, emosi, pengetahuan tentang cara membaca, dan sikap dan minat. Sementara faktor eksternal meliputi: keadaan bacaan dan model pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Taksonomi Barret, Pembelajaran | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Intan Lestari | |||||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2024 05:40 | |||||||||
Last Modified: | 20 Mar 2024 05:40 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8831 |
Actions (login required)
View Item |