PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIK IPA SISWA KELAS IV SD

nurjahri, nurjahri (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIK IPA SISWA KELAS IV SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN,.pdf

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Group Investigation dalam upaya meningkatkan keterampilan praktik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang melibatkan model 4D (define, design, defelopment, desseminnate) yang diadaptasi menjadi 3D (define, design, defelopment) penelitian ini tidak sampai pada tahap disseminate karna dilakukan pada satu sekolah saja yaitu di SDN 43 Ampenan. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi bahan ajar, lembar angket respon siswa, lembar rubrik penilaian dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan pengembangan LKPD berbasis group investigation mendapatkan presentasi skor rata-rata dari validator dengan presentase 89,75% dengan kategori sangat valid. Nilai rata-rata kepraktisan dari lembar angket respon siswa mendapatkan presentase skor 88,75% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan dengan rubrik penilaian pada uji coba mendapatkan presentase skor rata-rata 85% dengan kategori sangat efektif. Hasil uji coba keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan presentasi skor dengan nilai 88,75% pada kategori sangat terlaksana. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan produk pengembangan LKPD berbasis group investigation untuk meningkatkan keterampilan praktik IPA siswa kelas IV sekolah dasar dengan kategori sangat valid, sangat praktis dan sangat, efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
Thesis advisorYUNI, MARYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: pengembangan, LKPD, grup investigasi, keterampilan praktik, IPA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurjahri Nurjahri
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:46
Last Modified: 20 Mar 2024 05:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8786

Actions (login required)

View Item View Item