Muhammad, Ardyansyah (2024) PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS VII SMPN 2 NARMADA KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III_MUHAMMAD ARDYANSYAH_NIM 2019A1C015_PPKN.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB IV_MUHAMMAD ARDYANSYAH_NIM 2019A1C015_PPKN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN_MUHAMMAD ARDYANSYAH_NIM 2019A1C015_PPKN.pdf Download (1MB) |
|
Text (similarity check)
Muhammad Ardyansyah (3).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) | Request a copy |
Abstract
Peran guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa sangatlah dibutuhkan dari aspek kedisiplinan siswa diluar kelas atau didalam kelas karena memang sosok guru apalagi guru PPKn mengajarkan terkait dengan nilai-nilai normal pancasila didalam lingkungan sekolah sehingga guru PPKn yang menerapkan suatu tentang kedisiplinan karena sesuai dengan yang dianjurkan oleh pancasila tersebut. Maka oleh sebab itu peran guru PPKn dalam mencardaskan generasi bangsa sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan atau negara. Metode yang dipakai oleh peneliti yaitu rancangan penelitian kualitatif dengan menggunakan, lokasi penelitian SMPN 2 Narmada Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Jenis dan sumber data yang berhubungan kategori, karakterstik berwujud pertanyaan atau berupa kata kata. Pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data ada tiga yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. peneliti melakukan penelitian mengunakan metode diatas dalam mengambil data dan informasi adapun populasi yang digunakan sebanyak 30 siswa di SMPN 2 Narmada. Penelitian ini mengali dan mentelusuri terkait dengan suatu persoalan dalam rangkangkah meningkatkan kedisiplinan, prestasi dan mengetahui hambatan belajar siswa disekolah yaitu; 1. Kedisiplinan, adalah suatu yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, maka oleh sebab itu kepala sekolah menerapkan aturan sekolah dengan ketat kepada siswanya seperti mengikuti upacara, datang tepat waktun ke sekolah, menyapu halaman sekolah pagi sebelum bel masuk, menyapu ruangan kelas sesuai dengan petugas piket, memasukan baju, memakai atribut sekolah, mengikuti kegiatan imtak dan lain lainya. Dalam rangkah untuk mendisiplinkan siswa supaya siswa tertanam sikap disiplin dalam diri siswa tersebut. 2. Prestasi, yaitu suatu hasil dari proses pembelajaran yang ditempuh pada saat proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru, maka guru menerapkan cara dalam meningkatkan prestasi siswa seperti; mengajar dalam kelas, mengadakan ulangan, remedial dan lain lainya. 3. Hambatan, yaitu dari orang tua dan lingkungan disekeliling siswa tersebut, misalnya ketika orang tuanya dirumah tidak menerapkan disiplin maka siswa tersebut akan sulit guru dalam menanamkan sikap disiplin kesiswa tersebut dan lingkunganya ketika lingkungan tidak disiplin maka akan itu mempengaruhi sikap disiplin siswa disekolah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | peran, guru, kedisiplinan, prestasi dan hambatan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Ardyansyah | |||||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:00 | |||||||||
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:00 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8759 |
Actions (login required)
View Item |