ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA DI SDN 28 AMPENAN

MALIKUL, QUDUS (2024) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA DI SDN 28 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SIMILATARY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter cinta damai perlu ditanam kepada peserta didik mulai dari kecil, karena fondasi dari karakter seorang anak adalah Pendidikan karakter. Peran guru dalam hal ini sangat penting, dunia persekolahan adalah wadah sekaligus fasilitas untuk membentuk karakater anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan guru dalam memberikan Pendidikan karakter cinta damai pada siswa SDN 28 Ampenan, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mewawancarai pihak sekolah, serta pengisian angket oleh siswa, tentu akan membuat penelitian ini berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa guru SDN 28 Ampenan berupaya mendidik peserta didik dengan sungguh-sungguh, dan itu sudah menjadi kewajiban para pendidik, guru kelas rendah lebih memberikan contoh yang konkrit kepada peserta didik, selain itu, pemberian Pendidikan juga perlu dengan berbagai hiburan. Selain itu, banyak hambatan yang dialami oleh guru-guru dalam proses pemberian Pendidikan karakter, mulai dari perilaku spontanitas siswa, kurangnya pemahaman tentang manfaat perilaku terpuji, pengaruh lingkungan, siswa yang kurang pengawasan dari pihak rumah. Guru memiliki kemampuan dan ciri khas tersendiri dalam Upaya mendidik karakter anak khusunya dalam pendidkkan dan perkembangan karakter cinta damai pada peserta didik. Upaya tersebut memiliki keragaman dengan berbagai manfaat dan tujuan khusus dari pendidik kepada peserta didik, dengan demikian, bentuk, metode, dan cara pendidik yang dilakukan untuk mendidik peserta didik terbilang baik dan mengesankan. Penerapan Pendidikan karakter di sekolah berdampak baik bagi karakter peserta didik. Terlihat dari sikap yang cenderung menonjol dari perbuatan mereka setelah diberikan Pendidikan karaketer cinta damai oleh guru, seperti sikap ramah, taat, tertib, suka bermusyawarh, dan menghindari perselisihan. Bisa dibilang penerapan tersebut mampu mempengaruhi karakter anak yang siap diimpelementasikan di sekolah dan di luar sekolah. Kata kunci : Cinta Damai, Pendidikan Karakter, Upaya Guru

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARSYAD, ABDUL GHANInidn0010085817
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Cinta Damai, Pendidikan Karakter, Upaya Guru
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Malikul Qudus
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:27
Last Modified: 18 Mar 2024 07:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8750

Actions (login required)

View Item View Item