MALIKUL, QUDUS (2024) ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA DI SDN 28 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER - BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
SIMILATARY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan karakter cinta damai perlu ditanam kepada peserta didik mulai dari kecil, karena fondasi dari karakter seorang anak adalah Pendidikan karakter. Peran guru dalam hal ini sangat penting, dunia persekolahan adalah wadah sekaligus fasilitas untuk membentuk karakater anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan guru dalam memberikan Pendidikan karakter cinta damai pada siswa SDN 28 Ampenan, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mewawancarai pihak sekolah, serta pengisian angket oleh siswa, tentu akan membuat penelitian ini berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa guru SDN 28 Ampenan berupaya mendidik peserta didik dengan sungguh-sungguh, dan itu sudah menjadi kewajiban para pendidik, guru kelas rendah lebih memberikan contoh yang konkrit kepada peserta didik, selain itu, pemberian Pendidikan juga perlu dengan berbagai hiburan. Selain itu, banyak hambatan yang dialami oleh guru-guru dalam proses pemberian Pendidikan karakter, mulai dari perilaku spontanitas siswa, kurangnya pemahaman tentang manfaat perilaku terpuji, pengaruh lingkungan, siswa yang kurang pengawasan dari pihak rumah. Guru memiliki kemampuan dan ciri khas tersendiri dalam Upaya mendidik karakter anak khusunya dalam pendidkkan dan perkembangan karakter cinta damai pada peserta didik. Upaya tersebut memiliki keragaman dengan berbagai manfaat dan tujuan khusus dari pendidik kepada peserta didik, dengan demikian, bentuk, metode, dan cara pendidik yang dilakukan untuk mendidik peserta didik terbilang baik dan mengesankan. Penerapan Pendidikan karakter di sekolah berdampak baik bagi karakter peserta didik. Terlihat dari sikap yang cenderung menonjol dari perbuatan mereka setelah diberikan Pendidikan karaketer cinta damai oleh guru, seperti sikap ramah, taat, tertib, suka bermusyawarh, dan menghindari perselisihan. Bisa dibilang penerapan tersebut mampu mempengaruhi karakter anak yang siap diimpelementasikan di sekolah dan di luar sekolah. Kata kunci : Cinta Damai, Pendidikan Karakter, Upaya Guru
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Cinta Damai, Pendidikan Karakter, Upaya Guru | |||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Malikul Qudus | |||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:27 | |||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2024 07:27 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8750 |
Actions (login required)
View Item |