Analisis Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah Yang Dilakukan Oleh Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Di Kabupaten Sumbawa Barat

NUR, AFIZA (2024) Analisis Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah Yang Dilakukan Oleh Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan Di Kabupaten Sumbawa Barat. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (640kB)
[img] Text (similarity check)
Nur Afiza akhir.docx (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan ekonomi global, yang ditunjukkan oleh peristiwa seperti pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina, telah memberikan dampak pada ekonomi negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Salah satu sektor dalam ekonomi Indonesia yang terkena dampak baik secara langsung maupun tidak langsung adalah ranah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemberdayaan usaha kecil dan menengah serta kendala yang di hadapi oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Sumbawa Barat. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, triangulasi dan menarik kesimpulan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumbawa Barat yaitu pertama memanfaatkan sumber daya manusia sebagai unsur paling fundamental dalam penguatan ekonomi. Kedua dari segi sumber daya alam yakni memanfaatkan kopi rarak hasil perkebunan lokal sebagai salah satu yang dapat membantu meggerakkan ekonomi masyarakat. Ketiga dari segi permodalan yakni bekerja sama dengan PD MES Sumbawa Barat dan Baznas Sumbawa Barat dalam membangun ekonomi syariah dengan membentuk koperasi syariah amanah mekar mandiri yang menjadi contoh bagi koperasi syariah lainnya. Keempat pada segi prasarana produksi dan pemasaran yakni membentuk KSB MALL. Kendala yang dihadapi yang pertama dari segi pendidikan, yakni masih banyak pelaku UMKM yang memiliki pendidikan rendah. Kedua dari segi modal, bahwa banyaknya sumber-sumber pembiayaan yang dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk mengembangkan usahanya, masih belum efektif karena dalam penggunaannya tidak dimanfaatkan untuk skala jangka panjang

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUSTAMIN, H IDRISnidn0031126484
Thesis advisorRAHMAD, HIDAYATnidn0822048901
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan, Usaha Kecil dan Menengah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nur Afiza
Date Deposited: 18 Mar 2024 09:01
Last Modified: 18 Mar 2024 09:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8742

Actions (login required)

View Item View Item