PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V

NADILA, IKA PRATIWI (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (cover-bab III)
BAB 1-3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
Hasil cek plagiasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar masalah dari penelitian ini berawal dari terjadinya Covid 19 dan pada proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah, tidak bervariasi. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadapkemampuan berpikir kreatif siswa Sekolah Dasar pada mata Pelajaran IPAS.Metode penelitian Eksperimen. subjek penelitian siswa kelas V. Sampel VA sebanyak 16 orang dan VB 17 orang total sampel sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.hasil analisis penelitian ini adalah uji normalitas berpikir kreatif siswa pada Pelajaran IPAS kedua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa sebelumnya memiliki data yang berdistribusi normal. Hasil di tunjukkam dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 34,81 setelah diberikan perlakuan dengan pembelajaran berdiferensiasi nilai rata-rata kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 87,25.Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 28,52 dan nilai rata-rata mengalami peningkatan setelah diberikan pembelajaran biasa sebesar 70,70. Setelah diketahui adanya perbedaan terhadap Berpikir Kreatif siswa dari masing-masing kelas, peneliti selanjutnya menganalisis hipotesis yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya yaitu dengan menggunakan SPSS 23 for Windows diperoleh sig. (2 tailled) sebesar 0,003 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh pembelajaran Berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk menganalisis kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tentang kemampuan berpikir kreatif pada pertemuan pertama diberikan soal pre-test satu kali dan pertemuan terakhir satu kali untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menunjukan kondisi awal, kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran Berdiferensiasi dan kelas kontrol diberikan pembelajaran biasa dengan metode cermah. Kata kunci: Beroikir kreatif, Pembelajaran Berdiferensiasi, IPAS

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorLINDA, SEKAR UTAMInidn0817088304
Uncontrolled Keywords: Beroikir kreatif, Pembelajaran Berdiferensiasi, IPAS
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nadila Ika Pratiwi
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:05
Last Modified: 19 Mar 2024 01:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8738

Actions (login required)

View Item View Item