STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bima)

TITAH, UTARI PRATIWI (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (Studi Pada Dinas Koperasi Dan UMKM Kabupaten Bima). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (617kB)
[img] Text (Similarity Check)
TITAH UTARI PRATIWI 2.docx (1) (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Koperasi dan UMKM memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Pengembangan strategi yang terintegrasi, sistematis, dan berkelanjutan perlu dilakukan. UMKM di desa memiliki potensi masa depan yang baik dengan manfaat seperti penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan. UMKM memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan daerah, seperti membuka lapangan pekerjaan, menyumbang nilai produk domestik bruto, dan menjadi solusi efektif bagi permasalahan ekonomi masyarakat kelas kecil dan menengah. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti, UMKM di Kabupaten Bima memiliki jumlah yang banyak dan merupakan pondasi perekonomian. Namun, masih terdapat kendala seperti keterbatasan modal dan pemasaran yang perlu diatasi melalui kerja sama antara pemerintah dan pemilik usaha. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan yang terintegrasi, sistematis, dan berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja UMKM dan perekonomian masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pengembangan UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di Dinas Koperasi dan UMKM. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penghambat dalam pengembangan UMKM tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan strategi pengembangan UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima. Data yang diperoleh berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari individu dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian, strategi pengembangan UMKM di Dinas Koperasi Kabupaten Bima meliputi perbaharuan produk, penetrasi pasar, mempertahankan kualitas produk, dan inovasi. Faktor penghambatnya adalah terbatasnya modal dan pasar yang terbatas untuk produk UMKM Kabupaten Bima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorRIDWAN, RIDWANnidn0808119103
Uncontrolled Keywords: Dinas Koperasi dan UMKM, Strategi Pengembangan, UMKM Kabupaten BIMA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: TITAH UTARI PRATIWI
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:28
Last Modified: 18 Mar 2024 03:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8721

Actions (login required)

View Item View Item