PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SDN BATURINTANG

BAIQ, RAUDATUL AINI (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV DI SDN BATURINTANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI Baiq Raudatul Aini ACC.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan cara memfasilitasi perbedaan kebutuhan belajar siswa sehingga mencapai peningkatan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN Baturintang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, dengan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Baturintang dengan menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 20 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang memiliki 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi dan uji coba instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas uji homgenitas dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat hasil perhitungan dari uji hipotesis yang diperoleh nilai taraf sig (2-tailed) adalah 0,003 ≤ 0,05 maka menyebabkan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN Baturintang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorNursina, Sarinidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Motivasi Belajar,Pendidikan Pancasila
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Baiq Raudatul Aini
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:17
Last Modified: 08 Mar 2024 08:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8649

Actions (login required)

View Item View Item