PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GRAB MERCHANT TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH KONSUMEN (Studi Kasus UMKM Di Kota Mataram)

DESI, PURNAMA WALJANNAH (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GRAB MERCHANT TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH KONSUMEN (Studi Kasus UMKM Di Kota Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI FIX (5).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pada perkembangannya, saat ini kita tidak hanya dapat membeli barang-barang secara online, melainkan juga saat ini kita dapat memesan makanan secara online yaitu dengan aplikasi Grab Merchant. Hadirnya aplikasi Grab Merchant membuat kita menjadi lebih mudah untuk memesan makanan yang diinginkan hanya dari rumah, tanpa harus datang langsung ke restoran, rumah makan atau warung yang menjajakan berbagai macam makanan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi grab merchant terhadap peningkatan jumlah konsumen di Kota Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 35 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang kuliner tersebar di Kota Mataram. Metode : Yang digunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang berhubungan dengan indikator masing-masing variabel penelitian. Untuk menunjukkan kuesioner yang akan digunakan harus memiliki unsur valid dan reliabel maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dan dalam pengambilan keputusan berdasarkan pada taraf signifikan < 0,05/5% atau r-hitung > r-tabel. Hasil Penelitian : Menunjukkan bahwa dilihat dari nilai Sig. (0,000 < 0,05) dan jika nilai Thitung > Ttabel = (1,664 > 0,780), maka artinya variabel penggunaan aplikasi grab merchant (X) secara signifikansi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah konsumen kuliner (Y). Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa dalam meningkatkan penggunaan aplikasi grab merchant seseorang harus ditunjang pula oleh pendidikan formal maupun non formal, karena dengan berpendidikan maka seorang pegawai atau karyawan akan mampu menggunakan aplikasi grab merchant yang handal serta profesional. Untuk itu dalam penelitian ini seluruh responden berpendidikan S1 sebanyak 19 orang atau sebesar (54,3%) dan dengan usia produktif dari responden yang mendominasi berusia antara 36-45 tahun sebanyak 18 orang atau sebesar (51,4%) yang tersebar di wilayah Kota Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRAMAYANTO, RAMAYANTOnidn0809096702
Thesis advisorMUHAMMAD, YUSRILnidn190824028801
Uncontrolled Keywords: Aplikasi grab merchant, Peningkatan jumlah konsumen, UMKM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Desi Purnama Waljannah
Date Deposited: 13 Mar 2024 04:28
Last Modified: 13 Mar 2024 04:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8545

Actions (login required)

View Item View Item