IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V DI SANGGAR BIMBINGAN INDONESIAN COMMUNITY CENTRE (ICC) MUAR JOHOR BAHRU MALAYSIA

JULFIAN, JULFIAN (2024) IMPELEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V DI SANGGAR BIMBINGAN INDONESIAN COMMUNITY CENTRE (ICC) MUAR JOHOR BAHRU MALAYSIA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (310kB)
[img] Text (Similarity Check)
fiks_Skripsi_Julfian_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (901kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Penelitian agar Adanya sanggar bimbingan ini sangat memberikan dampak positif bagi keberlangsungan pendidikan anak-anak imigran di Malaysia, pelajaran yang mereka dapatkan di ICC sangatlah banyak baik dari segi pelajaran IPA, matematika, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, pendidikan agama, bahasa inggris, muatan lokal, bahasa Indonesia sampai kepada kegiatan ekstrakurikuler seperti latihan pencak silat, tepuk pramuka dan lain-lain. Adapun, penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian terdiri dari anak usia 6-12 tahun, pembimbing sanggar bimbingan, dan orang tua siswa. Teknikh pengumpulan data menggunakan wawancara serta analisis menggunaan teori miles dan huberman (penarikan kesimpulan dan verifikasi) untuk menyajikan data agar mudah dipahami maka langkah-langkah kegiatan dalam analisis yaitu pengumpula data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (cunclutions). Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama penerapan pendidikan karakter sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan sanggar bimbingan, keluarga, maupun di masyarakat. Kedua pendidikan karakter dapat membantu dalam meningkatkan perilaku peserta didik. Pendidikan Karakter meningkatkan perilaku peserta didik dengan cara pembiasaan dan keteladanan yang dibantu oleh tenaga pendidik kepada peserta didik di sanggar bimbingan tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInidn0010126601
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, siswa sanggar bimbingan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Julfian Julfian
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:08
Last Modified: 21 Mar 2024 04:08
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8387

Actions (login required)

View Item View Item