NURBAYA, NURBAYA (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER KEBANGSAAAN MELALUI LITERASI BUDAYA DAN KEWARGANEGARAAN DI SANGGAR BIMBINGAN SUNGAI BULOH KUALA LUMPUR MALAYSIA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
|
Text (similarity check)
NURBAYA (2).docx (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan literasi budaya dan kewarganegaraan di Sanggar Bimbingan Sungai Buloh Kuala Lumpur Malaysia dan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter kebangsaan apa saja yang terdapat dalam literasi budaya dan kewargaan di Sanggar Bimbingan Sungai Buloh. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan metode pelaksanaan. Bersifat induktif dan objektif. Maksud dari yang bersifat induktif disini adalah, menyimpulkan secara langsung bagaimanan kondisi yang terjadi pada siswa yang ada di Sanggar Bimbingan Sunggai Buloh. Subyek penelitian adalah siswa Sanggar Bimbingan Sungai Buloh kelas II, III DAN VI. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan literasi budaya dan kewargaan di Sanggar Bimbingan Sungai Buloh dapat dikategorikan dalam dua lingkup yaitu lingkup sekolah dan lingkup kelas. Lingkup sekolah dalam proses pelaksanaan Literasi Budaya Dan Kewargaan dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan yang memberi pemahaman tentang multikultural budaya Indonesia serta pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga Negara. Sedangkan di lingkup kelas pelaksanaan literasi budaya dan kewargaan dilaksanakan melalui pembelajaran PPKn, di mana guru mengaitkan budaya dalam pembelajaran PPKn, membiasakan murid -murid menyanyikan lagu nasional, memperkenalkan kepada mereka tentang Pancasila dan Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam literasi budaya dan kewargaan adalah cinta tanah air, rasa ingin tahu, toleransi, semangat kebangsaan, tanggung jawab, dan disiplin. Siswa diajurkan untuk membuat simbol dan lambang negara. Siswa diminta membuat struktur pemerintahan Indonesia dan Malaysia. Siswa diperkenalkan dasar negara melalui diskusi dan portofolo. Berdasarkan kegiatan tersebut siswa mengenal perbedaan simbul dan lambang negara, menghargai simbol dan lambang negara, memahami perbedaan struktur pemerintahan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai, Krakter Kebangsaan, Literasi Budaya | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | nurbaya nurbaya | |||||||||
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:32 | |||||||||
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:32 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8378 |
Actions (login required)
View Item |