ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PARADO KABUPATEN BIMA

SURIATI, SURIATI (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PARADO KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
SKRIPSI SURIATI PARAFRASE (1).doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Puskesmas merupakan kesatuan organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan. Rumusan masalah Apakah Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat berpengaruh Terhadap Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Parado Kabupaten Bima? Metode dalam Penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian dan pembahasan terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Terhadap Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Parado Kabupaten Bima dapat disimpulkan, (1) Dilihat dari hasil Distribusi Tabel jawaban Responden terhadap Kualitas Pelayanan Puskemas Parado Kabupaten Bima diperoleh nilai rata-rata 17,61 dari ke 5 Item dengan jumlah Responden 85 orang. (2) Dilihat dari hasil uji Validitas dan reliabilitas di atas dapat diketahui bahwa nilai r Hitung sebesar 4,000 > r Tabel sebesar 0,213, dapat dikatakan bahwa data tersebut Valid, dari hasil uji Reabilitas data dapat diketahui nilai Alpha Cronbach 0,848 lebih besar dari 0,6 sehingga dapat dikatakan data tersebut reliabel. (3) Dari hasil uji regresi Ordinal dapat diketahui, nilai signifikan sebesar 0,545 > 0,05. Artinya model regresi logistik ordinal cocok dengan data observasi. Berdasarkan keterangan di atas, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa, data kuesioner penelitian tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Terhadap Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Parado Kabupaten Bima dinyatakan berpengaruh dan Valid

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDURRAHMAN, ABDURRAHMANnidn0804116101
Thesis advisorRAHMAD, HIDAYATnidn0822048901
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Suriati Suriati
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:40
Last Modified: 20 Dec 2023 06:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8304

Actions (login required)

View Item View Item