ZULFIKAR, ZULFIKAR (2023) PENGGUNAAN KATA TANYA (ADAWATUL ISTIFHAM) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SD IT AL FAJAR MATARAM TAHUN AJARAN 2022-2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB II_ZULFIKAR_NIM 718110030_BAHASA ARAB.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III_ZULFIKAR_NIM 718110030_BAHASA ARAB.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV-LAMPIRAN_ZULFIKAR_NIM 718110030_BAHASA ARAB.pdf Download (2MB) |
|
Text (similarity check)
ZULFIKAR (2).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing adalah kegiatan mengajar yang dilakukan secara maksimal oleh seorang guru agar peserta didik yang diajari dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik, sehingga kondusif untuk mencapai tujuan belajar. Kata Tanya (Adawatul Istifham) merupakan kata yang digunakan dalam sebuah kalimat untuk menanyakan suatu hal atau mengajukan pertanyaan, baik terkait benda, tindakan, atau keadaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan Kata Tanya (Adawatul Istifham) untuk meningkatkan keterampilan bebicara bahasa arab siswa kelas III SD IT Al Fajar Mataram tahun ajaran 2022-2023, (2) untuk mengetahui apakah penggunaan Kata Tanya (Adawatul Istifham) dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas III SD IT Al Fajar Mataram tahun ajaran 2022-2023. Adapun Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah (1) Sumber data primer yang diperoleh dari pihak utama yaitu Guru Bahasa Arab dan Siswa kelas III SD IT Al Fajar Mataram, (2) Sumber data sekunder yang diperoleh oleh dari sumber kedua yaitu Kepala Sekolah dan dokumen-dokumen yang sesuai dengan penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji validitas data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, pengecekan sejawat dan kecukupan referensi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis induktif melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penggunaan adawatul istifham dalam proses pembelajaran Bahasa Arab sangat sesuai dan relevan untuk peserta didik kelas 3 Sekolah Dasar karena terdapat peningkatan yang signifikan terhadap penigkatan kemampuan peserta didik dalam keterampilan berbicara. (2) Tujuan dilaksanakanya pembelajaran Bahasa Arab kepada peserta didik kelas 3 SD IT Al Fajar Mataram supaya mampu menguasai keempat maharatul lughah seperti maharatul istima`, maharatul kitabah, maharatul qiroah, maharatul kalam.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Tanya (Adawatul Istifham), Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Zulfikar Zulfikar | |||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:14 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8228 |
Actions (login required)
View Item |