THISRIADA, THISRIADA (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PEMINATAN AGAMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 1 SUMBAWA BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV-LAMPIRAN.pdf Download (657kB) |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
dimana materi pembelajarannya berfokus pada pemahaman kaidah bahasa. Guru bahasa Arab memberikan perhatian khusus, dikarenakan siswa di jurusan ini mengalami kesulitan belajar yang berbeda dengan pembelajaran bahasa Arab reguler di kelas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui apa saja upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa Arab siswa kelas XI peminatan agama di MAN 1 Sumbawa Barat tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami siswa kelas XI peminatan agama dalam mempelajari bahasa Arab peminatan di MAN 1 Sumbawa Barat tahun ajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI peminatan agama di MAN 1 Sumbawa Barat tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan yaitu reduksi data kemudian sajian data dan yang terakhir menyimpulkan data dengan model berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini, diantaranya : (1) Solusi yang diberikan oleh guru untuk mengatasi adanya kesulitan belajar siswa kelas XI peminatan agama dalam pembelajaran bahasa Arab peminatan dengan memberikan tutor sebaya kepada siswa, memberikan hafalan mufrodha, meningkatkan maharah istima’ dan kalam siswa melalui vidio YouTube dan audio rekaman suara guru, dan metode evaluasi pre test dan post test. (2) Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI pada pembelajaran bahasa Arab peminatan, diantaranya : Dalam memberikan harakat teks qiro’ah hingga terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam membuat tulisan Arab. Permasalahan disebabkan oleh bahan ajar yang disajikan tanpa harakat / tanpa baris, waktu belajar yang tidak cukup, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, siswa jarang praktek menggunakan bahasa Arab dan istima’. (3) Guru pengampu bahasa Arab peminatan menerapkan kurikulum 2013 dan metode pembelajaran kelompok (cooperaative learning), problem based learning dan pola pembelajaran deduktif-induktif.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan, Siswa, Guru, Pembelajaran Bahasa Arab | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Thisriada Thisriada | |||||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:24 | |||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:24 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8222 |
Actions (login required)
View Item |