PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 2 KURANJI TAHUN AJARAN 2022/2023

USWATUN, HASANAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA 5 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 2 KURANJI TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI USWAH ACC 1.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca pemahaman pada muatan Bahasa Indonesia tema 5 subtema 1 kelas IV SDN 2 Kuranji kabupaten Lombok Barat kecamatan labuapi, Lombok Barat. Waktu pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2023 metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental.Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan kelas eksperimen dan kontrol yaitu kelas IV-A dan kelas IV-B dengan jumlah 44. Untuk mengetahui hasil kemampuan membaca siswa peneliti akan menggunakan beberapa jenis uji.Uji validitas soal, selain itu peneliti melakukan uji reabilitas dan diperoleh hasil sebesar 0,677 untuk 5 soal. Jika rhitung rtabel (0,444 0,05), maka dapat ditentukan bahwa setiap soal essay dianggap reliabel. Uji normalitas dikatan tidak berdistribusi normal. Kemampuan membaca pemahaman pada muatan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 2 Kuranji dengan bantuan software SPSS 21 for windows untuk menghitung Independent Sampel T-Test pada taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa hasil penguji hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan nilaisig.(2-tailed) sebesar 0,093 0,05 dan nilai sig 0,278 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Model, Pembelajaran Scramble, Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 23 Nov 2023 01:36
Last Modified: 23 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8217

Actions (login required)

View Item View Item