TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD AWET MUDA NARMADA TAHUN 2023

BAIQ, DINA PUSPITA DEWI (2023) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD AWET MUDA NARMADA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (similarity check)
50%BAIQ DINA PUSPITA DEWI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pasien merupakan suatu unsur yang seringkali dijadikan tolak ukur dalam menilai kualitas pelayanan rumah sakit sehingga setiap rumah sakit berusaha meningkatkan mutu pelayanannya agar dapat memberikan kesan yang baik pada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Awet Muda Narmada Tahun 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sampel secara accidental sampling dengan kriteria dapat membaca dan menulis serta dapat berkomunikasi dengan baik, dengan karakteristik umur minimal 17 tahun keatas dan sudah berkunjung minimal dua kali ke Instalasi Farmasi RSUD Awet Muda Narmada. Diperoleh sampel sejumlah 180 responden. Data penelitian diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh pasien. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pasien rawat jalan yang merasa sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian sejumlah 76,7% dan yang merasa puas sejumlah 23,3%. Berdasarkan hasil rata-rata tingkat kepuasan pasien berdasarkan dimensi yaitu dimensi daya tanggap 85,05% (sangat puas), dimensi kehandalan 85,56% (sangat puas), dimensi jaminan 88,6% (sangat puas), dimensi kepedulian 87,3% (sangat puas) dan dimensi bukti fisik 85,5% (sangat puas). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa rata-rata pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian secara keseluruhan sejumlah 86,25%. Hal ini berarti pasien sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Awet Muda Narmada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNUR, FURQANInidn0814118801
Thesis advisorANNA, PRADININGSIHnidn0430108803
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, instalasi farmasi rumah sakit, RSUD Awet Muda Narmada
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 610 Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan, dan Ilmu Kesehatan > 610.92 Petugas Medis, Dokter
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi
Depositing User: Baiq Dina puspita Dewi
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:22
Last Modified: 07 Nov 2023 02:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8142

Actions (login required)

View Item View Item