SUHAIMA, SUHAIMA (2023) ANALISA PENGGUNAAN FILLER ABU KAYU PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE (AC-WC) TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (454kB) |
|
Text (Similarity Check)
SUHAIMA.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Raya merupakan bagian dari sarana transportasi darat yang memiliki salah satu unsur terpenting untuk menghubungkaan suatu tempat ke tempat lain, dalam usaha memperlancar proses pembangunan serta menunjang laju pertumbuhan diberbagai bidang. Material perkerasan jalan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kestabilan perkerasan jalan. Perkerasan harus di buat dari bahan dengan kualitas/mutu yang baik.Pada umumnya lapisan aspal beton (laston) adalah salah satu konstruksi perkerasan lentur yang terdiri dari lapisan-lapisan yang di letakkan di atas tanah dasar yang telah di padatkan, di antaranya adalah lapisan permukaan lapisan structural ini berfungsi sebagai lapis kedap air dan lapis aus atau lapisan yang langsung menerima gesekan akibat rem kendaraan sehingga mudah menjadi aus (wearingcourse). Metode pengujian yaitu pengujian marshall dan durabilitas pada kadar aspal optimum terbaik dengan menggunakan metode cara basah. Dan metode penelitian ini menggunakan metode asphalt institute yang di harapkan dapat meningkatkan mutu perkerasan lentur jalan raya sesuai dengan umur rencana dan sekaligus sebagai pengurangan limbah abu serbuk kayu. Nilai perkiraan awal Kadar Aspal optimum yang diperoleh dari pengujian dengan menggunakan filler Abu Kayus ebesar 5,62% sementara Campuran AC WC dengan filler Semen sebesar 5,92% (lembar lampiran), sementara berdasarkan hasil dari pita grafik mnujukkan pada nilai kadar aspal 6,7%. Untuk data yang lebih detail bisa dilihat pada lembar lampiran. Filler abu kayu yang digunakan pada campuran AC-WC dengan proporsi agregat yang sudah didapatkan dari pengujian ini, bisa digunakan karena parameter marshall menunjukkan sebagian besar kriterianya memenuhi persyaratan, sehingga diperoleh nilai Kadar Aspal Optimum sesuai yang direncanakan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Filler, Asphalt Concrete, Metode Marshall. | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Suhaima Suhaima | |||||||||
Date Deposited: | 20 Oct 2023 03:13 | |||||||||
Last Modified: | 20 Oct 2023 03:13 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8118 |
Actions (login required)
View Item |