Mawaddah, Mawaddah (2022) IMPLEMENTATION OF NEWMAN METHOD FOR ANALYZING STUDENT ERRORS IN SOLVING HOTS TYPE MATH PROBLEMS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (3). ISSN 2442-5419
Text
Mawaddah.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan dalam pembelajaran, namun pada kenyataannyan kemampuan berpikir siswa Indonesia masih cukup rendah. Lemahnya kemampuan siswa dalam mengembangkan daya menalarnya pada penyelesaian masalah dalam pelajaran matematika terkhusus pada soal-soal HOTS menyebabkan siswa kesulitan serta banyak mengalami kesalahan saatmenyelesaikan soal-soal bentuk cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe HOTS berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode yaitu menggunakan metode wawancara, observasi, dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwadalam mengerjakan soal cerita materi dimensi tiga dan statistika persentase kesalahan paling banyak dilakukan pada tahap penulisan jawaban akhir dengan persentase 90,38%, kemudian diikuti oleh kesalahan memahami dengan persentase 61,53%, selanjutnya kesalahan transformasi dan kesalahan proses denan persentasesebesar 23,07% dan kesalahan membaca soal sebanyak 1,85%.
Item Type: | Article | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | 500 Ilmu-Ilmu Murni > 510 Matematika | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Soadikin | |||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:37 | |||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2023 01:50 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8046 |
Actions (login required)
View Item |