PENGARUH PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TANPA MEDIAN ( STUDI KASUS JALAN SRIWIJAYA)

YUSRIL, MAHENDRA (2023) PENGARUH PROPORSI SEPEDA MOTOR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TANPA MEDIAN ( STUDI KASUS JALAN SRIWIJAYA). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V - LAPIRAN.pdf

Download (580kB)
[img] Text (Similarity Check)
YUSRIL MAHENDRA (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sepeda motor adalah salah satu moda transportasi yang sangat umum digunakan di Indonesia. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang penggunaanya cukup tinggi di Kota Mataram dibandingan kendaraan roda empat. Tingginya tingkat perjalanan di Kota Mataram selalu menimbulkan permasalahan lalu lintas. Masalah lalu lintas berupa gangguan kelancaran atau kemacetan lalu lintas telah menimbulkan dampak negatif baik dari aspek ekonomi dan lingkungan. Meningkatnya biaya operasi kendaraan, kehilangan waktu, penurunan kenyamanan pengguna jalan dan penunjang kualitas udara serta peningkatan kebisingan di sepanjang jalan. Pada metode penelitian ini pengumpulan data dibagi menjadi dua jenis yaitu metode pengumpulan data primer dan metode pengumpulan data sekunder. Metode pengumpulan data Berdasarkan berbagai pengamatan untuk mendapatkan data jumlah dan waktu tempuh kendaraan yang telah dilakukan. Survei dilapangan diambil di hari Senin, Selasa, dan Rabu 6 jam yang mewakili 2 jam sibuk pagi, 2 jam sibuk siang dan 2 jam sibuk sore hari. Perhitungan dilakukan dengan interval waktu per jam. Survei dilakukan terputus- putus dimulai pukul 07.00 WITA sampai dengan pukul 18.00 WITA. Metode pengumpulan data sekunder merupakan pengumpulan data, informasi berupa dokumen, dan peta dari sejumlah instansi dan literatul terkait fokus penelitian. Didalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Nilai arus lalu lintas mencerminkan komposisi lalu lintas, dengan menyatakan arus lalu lintas dalam satuan mobil penumpang (smp). Semua nilai arus lalu lintas (per arah dan total) diubah menjadi satuan mobil penumpang (smp) dengan menggunakan ekivalensi mobil penumpang (emp). Ekivalensi mobil penumpang (emp) untuk masing-masing tipe kendaraan tergantung pada tipe jalan dan arus lalu lintas total yang dinyatakan dalam (kend/jam). Dari hasil evaluasi didapatkan volume terbesar lalu lintas terjadi pada hari Selasa ,10 Januari 2023 didapatkan 1115,9 smp/jam. Proporsi sepeda motor terbesar pada ruas jalan Sriwijaya adalah 84,54% dengan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,28, jika dilihat dari DS tertinggi yaitu 0,32 meliliki proporsi sepeda motor sebesar 79,29%. Proporsi sepeda motor pada ruas jalan Sriwijaya memberikan pengaruh pada kecepatan rata-rata lalu lintas. Dari hari Analisa diperoleh rata-rata proporsi sepeda motor terbesar 81,23% dengan kecepatan rata-rata 32,89 km/jam, dibandingan dengan rata-rata proporsi terkecil 79,29% dengan rata-rata kecepatan 34,30 km/jam.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Sepeda Motor, Metode Skunder, Metode Primer Tanpa Median.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Yusril Mahendra
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:25
Last Modified: 24 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item View Item