EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT TANPA RESEP DI APOTEK ADA FARMA KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN 2023

Yulia, Nita Saputri (2023) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT TANPA RESEP DI APOTEK ADA FARMA KECAMATAN PRAYA TIMUR TAHUN 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan konsumen adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya.. Oleh karena itu apoteker dan teknik tenaga kefarmasian dituntut untuk meningkatkan kompetensinya dalam hal pemberian pelayanan informasi obat swamedikasi yang aman dan rasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen apotek terhadap pelayanan informasi obat tanpa resep di Apotek Ada Farma Kecamatan Praya Timur. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 90 Responden yang membeli obat bebas, obat bebas terbatas dan OWA di apotek Ada Farma Kecamatan Praya Timur. Penelitian menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan 5 dimensi kepuasan konsumen pada dimensi kehandalan (91,56%) dengan kategori sangat puas, dimensi ketanggapan (85,15%) dengan kategori sangat puas, dimensi empati (82,36%) sangat puas, dimensi bukti fisik (88,1%) sangat puas dan dimensi jaminan (82,15%) dengan kategori sangat puas. Dari kelima dimensi diperoleh rata-rata hasil persentase (85,86%) dengan kategori sangat puas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dimensi bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati dikategorikan sudah sangat puas dan secara keseluruhan konsumen sangat puas terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) yang diberikan di Apotek Ada Farma Kecamatan Praya Timur Tahun 2023.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNUR, FURQANInidn0814118801
Thesis advisorANNA, PRADININGSIHnidn0430108803
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Pelayanan Informasi Obat (PIO).
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 615 Farmakologi dan Terapi Farmakologi > 615.4 Farmasi Praktis
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Yulia Nita Saputri
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:02
Last Modified: 23 Aug 2023 07:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8022

Actions (login required)

View Item View Item