ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPAI PESAING PENJUALAN ASPAL CURAH DI NUSA TENGGARA BARAT (NTB) (Studi Kasus: PT SARANA LOMBOK UTAMA)

TOLIP, SUPRIANTO (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENGHADAPAI PESAING PENJUALAN ASPAL CURAH DI NUSA TENGGARA BARAT (NTB) (Studi Kasus: PT SARANA LOMBOK UTAMA). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover - BAB III SKRIPSI Tolip Suprianto 216120119.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI Tolip Suprianto 216120119.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - Lampiran SKRIPSI Tolip Suprianto 216120119.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bersaing yang akan digunakan oleh PT Sarana Lombok Utama. Perumusan strategi bersaing ini didasarkan pada analisa kondisi lingkungan internal dan eksternal yang ada pada PT Sarana Lombok Utama. Strategi bersaing ini sangat penting bagi PT Sarana Lombok Utama karena PT Sarana Lombok Utama saat ini sedang menghadapi beberapa permasalahan, di antaranya adalah persaingan yang ketat, sehingga penjualan aspal curah mengalami penurunan. PT Sarana Lombok utama berdiri tahun 2005. Saat ini sudah terdapat empat kompetitor agen Aspal di NTB, yaitu PT Wahani Indah Asri di Pelabuhan Badas Sumbawa yang berdiri pada tahun 2012, PT Sarana Bumi Utama di Pelabuhan Carik Lombok Utara yang berdiri pada tahun 2018, PT Bitumen Andatu di Pelabuhan Badas di Sumbawa yang berdiri tahun 2018, dan PT Sarana Lombok Utama. Dengan menggunakan strategi bersaing ini diharapkan PT. Sarana Lombok Utama mampu menunjukkan keunggulan kompetitif dan mampu meningkatkan kinerjanya. Analisa kondisi lingkungan internal dilakukan dengan observasi atau pengamatan langsung ke populasi karyawan PT Sarana Lombok Utama sebanyak 4 orang dan dari pihak external 2 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah matrik SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, Threats). Dengan menggunakan hasil analisa kondisi lingkungan internal dan eksternal kemudian disusunlah matrik SWOT untuk menghasilkan beberapa alternatif strategi. Hasil dari penelitian menghasilkan strategi, yaitu: 1) Strategi pengembangan produk dengan memasarkan produk produk pengembangan aspal yang sudah dilakukan oleh Kantor pusat yaitu PT JAYA TRADE INDONESIA; 2) Meningkatkan strategis bisnis dengan pemasok membuat stok aspal PT Sarana Lombok Utama selalu terpenuhi; 3) Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen serta meningkatkan pelayanan; 4) Strategi penetrasi pasar untuk mengatasi kelemahan yang ada dengan memanfaatkan peluang yang dimiliki PT Sarana Lombok Utama.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorLALU, HENDRAnidn0828108404
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, penjualan, aspal curah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 07 Mar 2020 04:21
Last Modified: 17 Jun 2021 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item