PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBENTUK MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X IPS IV DI SMA NEGERI 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2022/2023

SRI, ENDANG (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBENTUK MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X IPS IV DI SMA NEGERI 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
Sri Endang.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB) | Request a copy

Abstract

Project Based Learning (PJBL) merupakan model pembelajaran yang melibatkan murid aktif dalam pembelajaran melalui penyelsaian proyek dan guru sebagai faslitator dalam pembelajaran. Tujuan dari Penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan kemam1puan berpikir kritis siswa antara sebelum dan sesudah pener1apan Model Project Based Learning Berbentuk Media Video Berbentuk Media Video. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksprimen. Lokasi penelitian di sekolah SMA Negeri 1 Lembar. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS IV. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), kuisioner/angket, dan tes. Teknik analisis data dilakukan adalah uji validitas, reabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda soal dan uji kesamaan dua rata-rata data / uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Model Project Based Learning Berbentuk Media Video pada mata pelajaran PKn di kelas X IPS IV di SMA Negeri 1 Lembar dapat meningkatkaan Kemampuan berpikir kritis siswa, 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran problem based learning berbentuk media video, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung > ttabel maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning Berbentuk Media Video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PKn kelas X IPS IV di SMA Negeri 1 Lembar Tahun Pelajaran 2022/2023. Data ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata hasil test sebelum dan setelah penerapan pembelajaran problem based learning yatu 82,45> 89,90.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorSADDAM, SADDAMnidn0826079103
Uncontrolled Keywords: Model Project Based Learning Berbentuk Media Video, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sri Endang
Date Deposited: 24 Aug 2023 08:19
Last Modified: 24 Aug 2023 08:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7989

Actions (login required)

View Item View Item