PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MUATAN IPS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 35 AMPENAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022 / 2023

TRI, APRILIYANTI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA MUATAN IPS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN 35 AMPENAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022 / 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Chech)
plagiasi skripsi.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (919kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media Scrapbook untuk hasil belajar IPS, Model dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikenal dengan Research and Development (R&D). Pada penelitian dan pengembangan media Scrapbook ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Dan Evaluation). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, menunjukkan bahwa data yang diperoleh sebesar 85% dalam kategori sangat. Untuk hasil yang di peroleh dari hasil pretest dan posttest, nilai pretest 29,33% dan nilai posttest 91,33% dengan N-Gain score 0,62% tergolong tinggi berbeda dengan hal tersebut, hasil uji ke praktisan di turunkan dari hasil respon siswa data respon siswa di peroleh nilai 85,7% sangat praktis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Media Scrapbook,pemahaman siswa, Research and Development
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Tri Apriliyanti
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:14
Last Modified: 21 Aug 2023 02:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7923

Actions (login required)

View Item View Item