PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM MENIGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN GUNUNG SARI LOMBOK BARAT

AZIJURRAHMAN, AZIJURRAHMAN (2023) PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DALAM MENIGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN GUNUNG SARI LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
skripsi fix (1).doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik saat ini menjadi perhatian utama pembangunan di Indonesia. Yang pada Hakekatnyapelayanan sesuatu yang dibutuhkan manusia, dan kebutuhan ini akan selalu ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelayanana administrasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan administrasi terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Gunung sari Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi dengan responden. Tehnik analisis data memngunakan beberapa komponen menurut Miles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan penyelenggaraan pelayanan administrasi kecamatan (paten) di Kecamatan Gunung sari Kabupaten Lombok Barat sudah sangat baik dan sesuai dengan visi,dapat dilihat dari segi kesiapan, anggaran, sarana dan prasarana yang ada, sehingga masyarakat merasakan kepuasan terhadap pemenuhan hak pelayanan, mempermudah dan memberikan pemahaman. Namun terdapat beberapa fakor kesulitan yaitu jangkauan jaringan dan jumlah unit operasionalnya mesti ditambah untuk mempercepat proses pelayanan dan menambah kepuasan masyarakat serta menjadikan pekerjaan lebih efektif dan optimal.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorHIDAYATULLAH, HIDAYATULLAHnidn0809038902
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Aparatur, Administrasi, Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: azizurrahman azizurrahman
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:23
Last Modified: 15 Aug 2023 02:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7895

Actions (login required)

View Item View Item