SURYANI, SURYANI (2023) EFEKTIVITAS KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MATARAM DALAM MENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAPORAN PAJAK DI MASA PANDEMI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
REVISI SKRIPSI RIANI PENGUJI.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat efektifitas pelayanan pajak dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaporan pajak di masa pandemi. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja kendala yang dihadapi terhadap pelayanan pajak dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaporan pajak di masa pandemi. Metode Penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah adalah jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian penulis, maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam Pelaporan pajak di Masa Pandemi dapat di ukur dalam tiga indikator pencapaian yakni sebagai berikut; 1) Pencapaian tujuan, KKP Pratama Mataram Barat sudah mencapai tujuan atau target yang yang diharapkan, yang pada mulanya Barat di targetkan 80% untuk pelaporan tahunannya, mampu diselesaikan dengan pencapaian 90%. Kepuasan yang diberikan Pegawai pelayanan sudah cukup baik, dengan berpedoman pada SOP yang ditentukan oleh Jenderal Pajak. 2) Integrasi, oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat, sosialisasi dilaksanakan sudah sangat baik, penyampaian materi dalam sosialisasi mudah di pahami oleh masyarakat wajib pajak, serta diberikan kewenangan seluas-luasnya kepada masyarakat wajib pajak untuk konsultasi dan membangun komunikasi dengan sangat baik. 3) Adaptasi, Penyediaan fasilitas akan sarana dan prasarana oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat sudah memuaskan, di setiap loket ada pegawai yang siap melayani wajib pajak, serta ruang tunggu tersedia AC selama masa pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, maka saran yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi penyelenggaraan pelayanan perpajakan adalah sebagai berikut: 1)Diharapkan kepada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram, karena sebagai pelayan publik yang ditunjuk oleh Negara serta sesuai dengan amanat Undang-Undang, agar sekiranya meningkatkan lagi pelayanan yang efektif serta memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat wajib pajak, lebih khususnya di Kota Mataram. 2)Diharapkan kepada seluruh masyarakat yang wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya, yakni membayar pajak dengan tertib dan tepat waktu, karna pada dasarnya kemajuan suatu daerah dan Negara, sangatlah bergantung kepada masyarakat yang paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara serta oknum-oknum penyelenggara yang ada didalamnya yang harus memiliki jiwa Nasinalisme (Rasa Cinta Kepada Tanah Air dan Bangsa).
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Covid, Pelaporan Pajak dan Partisipasi Masyarkat | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 Manajemen 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Suryani Suryani | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2023 03:23 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2023 03:23 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7885 |
Actions (login required)
View Item |