BAIQ, MIFTAHUL JANNAH (2023) ANALISIS KEPUASAN PELAYANAN PADA PANTI SOSIAL BINA LARAS (PSBL) “MUTHMAINNAH” DINAS SOSIAL PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT DALAM PEMBIMBINGAN KLIEN REHABILITASI SOSIAL GANGGUAN JIWA EX-PSIKOTIK (Studi Kasus Pada Panti Sosial Bina Laras (PSBL) “Muthmainnah” Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III PDF.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN PDF.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
BAIQ MIFTAHUL JANNAH (3).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam menyelenggarakan pembimbingan kepada klien rehabilitasi sosial gangguan jiwa ex-psikotik di wilayah Nusa Tenggara Barat yang dilaksanakan oleh Panti Sosial Bina Laras (PSBL) “Muthmainnah”. Rehabilitasi sosial yang di laksanakan yaitu dengan memberikan beberapa bimbingan kepada para klien yaitu bimbingan psikososial, bimbingan sosial, bimbingan keterampilan kerja, bimbingan spiritual atau keagamaan, bimbingan sosial kemasyarakatan, dan juga bimbingan fisik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui Bagaimana Kualitas Pelayanan di PSBL “Muthmainnah” dalam program pembimbingan terhadap klien rehabilitasi sosial gangguan jiwa ex-psikotik dan 2) untuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat Kualitas Pelayanan PSBL “Muthmainnah” dalam program pembimbingan terhadap klien rehabilitasi sosial gangguan jiwa ex-psikotik. Metode penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data antara lain, wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah bimbingan-bimbingan yang diberikan untuk klien bertujuan agar klien pulih kemauan, kemampuan, dan harga dirinya sehingga dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari serta dapat bergaul dan mengembangkan fungsi sosialnya secara wajar agar mampu berperan dalam kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan sesuai dengan visi dan misi dari PSBL “Muthmainnah”. Terdapat beberapa indikator yang mencakup kualitas pelayanan yang ada pada PSBL “Muthmainnah” dalam program pembimbingan terhadap klien yaitu faktor tersedianya pegawai yang baik, tersedianya sarana dan prasarana yang baik, kemampuan dan keterampilan kinerja pegawai dan jug faktor kesadaran pegawai. Terdapat juga faktor-faktor yang mendukung dan mengahambat PSBL “Muthmainnah” dalam melaksanakan pelayanan dan bimbingan kepada klien. Adapun faktor yang mendukung adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarana yang dimiliki PSBL “Muthmainnah” untuk klien. Sedangkan faktor penghambatnya terdapat pada keluarga klien yang jarang menjenguk dan juga PSBL “Muthmainnah” yang kekurangan pegawai tenaga fungsional.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Rehabilitasi Sosial, Kualitas Pelayanan, Program Bimbingan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial 300 Ilmu Sosial > 305 Kelompok Sosial |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Baiq Miftahul Jannah | |||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:03 | |||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:03 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7861 |
Actions (login required)
View Item |