EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG DAERAH PARIWISATA DI KABUPATEN SUMBAWA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @sumbawaisland)

ISA, FATRIKA (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG DAERAH PARIWISATA DI KABUPATEN SUMBAWA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @sumbawaisland). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN PDF.pdf

Download (709kB)
[img] Text (Similarity Check)
Ihza Fatrika.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi secara pesat, lahirlah media baru yang mudah diakses oleh banyak kalangan, yaitu media sosial. Media sosial mampu menyebarkan informasi dengan cepat dan daya jangkauan yang luar biasa dibandingkan dengan media manapun. Media sosial banyak ragamnya antara lain instagram, facebook,twitter, website dan lain-lain. Hingga saat ini terdapat akun instagram yang khusus mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Pulau Sumbawa dengan followes lebih dari 20.000. Yang itu instagram @sumbawaisland, akun ini mulai memposting gambar pada tanggal 28 mei 2015, dengan jumlah followers sebesar 30,900, jumlah postingan 2,216 dan hasil pencarian #sumbawaisland sebanyak 68,500 postingan dan akun yang diikuti sebanyak 45 akun (Sumber : @sumbawaisland di akses pada 11 April 2023). Penelitian ini mengkaji Efektivitas Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Daerah Wisata di Kabupaten Sumbawa (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Sumbawaisland). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan teknik analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun @sumbawaisland sudah mengenalkan pariwisata Sumbawa dengan foto maupun video yang sangat estetik dan menarik sehingga hal ini membuat para pengikut ternarik dengan pariwisata yang ada di Sumbawa; akun @sumbawaisland sudah menampilkan kejelasan media dari lokasi, tanggal dan waktu; akun instagram Sumbawa island sudah memposting foto maupun video dengan data-data yang akurat dengan informasi tentang pariwisata yang ada; akun @sumbawaisland menarik serta kejelasan tempat wisata dengan memposting foto atau video juga membuka open trip untuk wisatawan yang ingin berkunjung di wisata yang ada di Sumbawa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMINTASRIHARDI, MINTASRIHARDInidn0830016101
Thesis advisorYUDHI, LESTANATAnidn0827118801
Uncontrolled Keywords: Media Promosi, Instagram, Pariwisata Sumbawa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 305 Kelompok Sosial
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Isa Fatrika
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:06
Last Modified: 09 Aug 2023 08:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7834

Actions (login required)

View Item View Item