NURWAHIDAH, NURWAHIDAH (2023) إنجازات تعلم اللغة العربية لدى الطلاب في المدرسة المتواسطة المتكاملة الإسلامية أناك صالح ماترام العام الدراسي 2022/2023. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER s.d BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV s.d LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (Similarity Check)
NURWAHIDAH.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa arab dan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa arab di smp it anak sholeh mataram terdiri dari 1) Perencanaa pembelajaran, guru mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti buku ajar, menyiapkan materi, rpp, dan silabus. 2) Pelaksanaan, guru membuka kegiatan belajar mengajar dengan bersama-sama berdoa, memberikan motivasi, menjelaskan materi dengan metode ceramah, kemudian memberikan contoh melalui peragaan setelah itu guru memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi dan tanya jawab. 3) Evaluasi, guru mengevaluasi peserta didik secara langsung dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sudah di sampaikan dan di lihat dari nilai tugas yang siswa kerjakan. Adapun prestasi belajar siswa dapat dilihat dari tiga aspek yaitu 1) aspek kognitif, hasil belajar yang diperoleh siswa dalam aspek ini yaitu siswa mampu menjawab serta menyimpulkan materi ketika guru menanyakan kembali materi yg sudah disampaikan dan siswa mampu membuat contoh kalimat dalam bahasa arab tentang fiil madhi dan mudhori. 2) aspek afektif, Hasil belajar yang diperoleh siswa dalam aspek ini selama proses pembelajaran yaitu sikap siswa saat belajar bahasa arab sangat bagus baik dari semangat, aktif dalam berdiskusi dan sikap menghormati guru. 3) aspek psikomotorik, prestasi yang dapat diketahui dengan penilaian psikomotorik adalah siswa mampu mempraktekkan muhadtsah.
Item Type: | Thesis (Diploma) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab | |||||||||
Subjects: | 200 Agama > 2X7 Filsafat dan Pengembangannya 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurwahidah Nurwahidah | |||||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:07 | |||||||||
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:07 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7820 |
Actions (login required)
View Item |