ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL STUDI KASUS SIMPANG EMPAT MASBAGIK LOMBOK TIMUR

ZULPADLI, ZULPADLI (2023) ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL STUDI KASUS SIMPANG EMPAT MASBAGIK LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
02 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
03 BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (710kB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI ZULPADLI PLAGIASI JILID.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Simpang Empat Masbagik Lombok Timur merupakan simpang tak bersinyal. Tingginya volume kendaraan serta kurangnya kesadaran masyarakat akan sistem prioritas berkendara mengakibatkan besarnya peluang kemacetan yang terjadi pada simpang tersebut. Sehubungan hal itu maka perlu dilakukan penelitian khususnya pada simpang tak bersinyal Masbagik Lombok Timur untuk mengetahui kinerja dari simpang tersebut, sehingga nantinya simpang pada ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas secara optimal dan pengguna jalan yang melintas dipersimpangan Masbagik akan merasa tetap aman, nyaman dan damai. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Volume lalu lintas pada simpang Empat Masbagik Lombok Timur (2) Bagaimanakah kinerja simpang empat Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Pengumpulan data diperoleh melalui survei di lapangan dan parameternya meluputi: Kondisi Geometrik, Kondisi lalu lintas, dan Kondisi lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survei, alat tulis, jam dan roll meter. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada simpang Empat Masbagik Lombok Timur didapat lebar rata-rata pendekat (WI) 5,35 meter, jumlah volume arus lalu lintas (Qtot) 2778.8 smp/jam, Kapasitas sebenarnya (C) 3228,506 smp/jam, Nilai Derajat Kejenuhan (DS) 0,860, Tundaan lalu lintas simpang (DT1) 8,227 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan utama (DTMA) 6,761 det/smp, Tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) 5,213 det/smp, Tundaan geometrik simpang (DG) 4,0097 det/smp, Tundaan simpang (D) 12,236 det/smp dan peluang antrian (QP) 69,191 %. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan memiliki tingkat pelayanan dibawah rata-rata yang kurang stabil sehingga tidak memenuhi persyaratan dari pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorARI, RAMADHAN HIDAYATnidn0823029401
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Derajat Kejenuhan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Zulpaldi Zulpaldi
Date Deposited: 04 Aug 2023 03:35
Last Modified: 04 Aug 2023 03:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7750

Actions (login required)

View Item View Item