PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN DI ERA REVOLUSI 4.0 STUDI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Muhd., Fadhlurrahman (2023) PERAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PERPUSTAKAAN DI ERA REVOLUSI 4.0 STUDI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-Bab-3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
Bab-5-Lampiran.pdf

Download (216kB)
[img] Text (similarity check)
MUHD. FADHLURRAHMAN (3).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran media sosial sebagai alat promosi perpustakaan di era revolusi industri 4.0 studi UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan data sekunder. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini ialah peran media sosial menggunkan facebook berdampak baik dalam penggunaannya untuk melakukan promosi. Dengan adanya facebook, pemusaka lebih mudah mengakses dan menjalin hubungan atau berkomunikasi dengan perpustakaan Upt Universitas Muhammadiyah Mataram. Selanjutnya peran media sosial menggunkan instagram, dengan banyaknya pengguna instagram, promosi perustakaan menggunakan media sosial ini berdampak sangat baik dalam meningkatkan pemustaka dalam mengakses perpustakaan. Peran media sosial menggunakan youtube sebagai media promosi belumlah optimal dikarenakan perpustakaan UPT Muhammadiyah Mataram melakukan promosi masih menggunakan pamphlet, dan tidak ada pembuatan video untuk melakukan promosi menggunakan youtube. Dan yang terkahir dengan adanya penggunaan website, pemustaka juga akan mudah mengakses website perpustakaan tanpa harus login menggunakan akun. Website juga bisa diakses oleh seluruh kalangan di dunia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIN, SALEHnidn0831128310
Thesis advisorWIDIASTUTI, FURBANInidn080119103
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Promosi, Perpustakaan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhd Fadhlurrahman
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:16
Last Modified: 03 Aug 2023 04:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7682

Actions (login required)

View Item View Item