PENINGKATAN KOMPENTENSI PUSTAKAWAN SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN TERHADAP PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MATARAM

Riska, Amali T. (2023) PENINGKATAN KOMPENTENSI PUSTAKAWAN SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN TERHADAP PEMUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MATARAM. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-Bab-3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] Text
Bab-5-Lampiran.pdf

Download (328kB)
[img] Text (similarity check)
RISKA AMALIA.T. (8).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pustakawan fungsional di Universitas Mataram, kompetensi pustakawan di unram sekarang yaitu,Mampu memberiakan pelayanan informasi, Mampu memberiakan pelayanan peminjaman dan pengembalian bahan pustaka, Mampu memberiakan pelayanan bebas pustaka, Mampu memberiakan Pelayanan Pengadaan dan digitalisasi bahan pustaka, Mampu memberiakan Pelayanan pengolahan bahan pustaka ( seperti klasifikasi, katalogisasi, entri data, dll ), Mampu memberiakan Pelayan users education (pendidikan pengguna) agar pemustaka memahami tata cara pemanfaatan perpustakaan, Mampu mengoperasikan aplikasi berbasis Slims, eprints, dan Simandalika, Mampu melakukan maintenance sistem informasi yang ada di UPT. Perpustakaan Pengkajian ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi pustakawan yang dibutuhkan dalam pengelolaan perpustakaan serta upaya yang perlu dilakukan untuk mencapai kompetensi tersebut. Prinsipnya pelayanan secara prima, kami selaku staf pelayanan harus memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada pengguna atau mahasiswa dan adapun dosen, segala hal yang di perlukan sampai dengan kebutuhan kebutuhan pustakanya dapat mungkin kami akan menyiapkan secara maksimal, sekiranya mungkin di perpustkaan ini tidak ada buku atau koleksi di perlukan maka kita tetap mengupayahkan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa, pegawai atau dosen yang terkait buku yang di butuhkan. Gangguan listrik dimana layanan yang berbasis system Informasi online sangat bergantung kepada listrik sebagai faktorr utama sehingga hal ini juga memberikqan dampak untuk optimalisasi layanan perilaku pengguna dari sisi pengguna khususnya mahasiswa masih perlu di beri pengarahan dan bimbingan agar mereka dapat memanfaatkan sumber informasi online yang tersedia disiplin kerja pustakawan dari sisi pelaksanaan tugas par pustakawan sudah menjalankan tugas dengan baik akan tetapi perlu terus di tingkatkan agar dapat memberikan layanan maksimal kepada segenap mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorISKANDAR, ISKANDARnidn0802048904
Thesis advisorHIRMA, SUSILWATInidn0819039102
Uncontrolled Keywords: kompentensi, pustakawan, pelayanan, pemustaka, perpustakaan.
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi
300 Ilmu Sosial > 320 Ilmu Politik
300 Ilmu Sosial > 305 Kelompok Sosial
300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Riska Amalia T
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:10
Last Modified: 31 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7668

Actions (login required)

View Item View Item