YUSRIL, IZA MAHENDRA (2023) ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UNTUK PERJALANAN KERJA DI KOTA MATARAM (STUDI KASUS : DINAS PUPR KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (37MB) |
|
Text (similarity check)
Yusril Iza Mahendra z.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Para pekerja mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan pilihan jenis angkutan seperti jarak perjalanan, waktu tempuh perjalanan, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan yang memilih moda transportasi di kota mataram ,untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi di Kota Mataram dan untuk mengetahui bentuk model pemilihan moda transportasi yang ada di kota Mataram. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah pegawai Dinas PUPR Kota Mataram sebanyak 84 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah kuisioner. Sumber data primer berupa hasil kuisioner dan data sekunder berupa literatur dan dokumen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah waktu tempuh, jarak tempuh dan kepemilikan kendaraan pribadi dan variabel terikat adalah pemilihan moda transportasi. Data dianalisis menggunakan microsoft excel dan SPSS 25. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Karakteristik pelaku perjalanan sebagian besar responden berumur 31-40 tahun, berjenis kelamin laki-laki, tingkat pendidikan sarjana, moda transportasi yang digunakan adalah kendaraan pribadi dengan waktu tempuh lebih dari 10 menit dan jarak lebih dari 5 Km serta factor dominan adalah kepemilikan kendaraan pribadi. (2) Factor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda transportasi di Kota Mataram adalah waktu tempuh, jarak tempuh dan kepemilikan kendaraan pribadi. (3) Bentuk persamaan regresi model pemilihan moda transportasi yang ada di kota Mataram adalah adalah y= 0,6667x + 0,3333 untuk x adalah waktu tempuh, y= 0,5422x + 0,4444 untuk x adalah jarak tempuh dan y= 0,7013x + 0,2857 untuk x adalah kepemilikan kendaraan pribadi sehingga berdasarkan skenario pemilihan moda, peluang kendaraan pribadi lebih besar untuk dipilih jika waktu tempuh ≥ 10 menit, jarak tempuh ≥ 5Km atau memiliki kendaraan pribadi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Waktu Tempuh, Jarak Tempuh, Kepemilikan Kendaraan Pribadi, Pemilihan Moda Transportasi | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Yusril Iza Mahendra | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:22 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:22 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7650 |
Actions (login required)
View Item |