EFEKTTIVAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALA MPEMBELAJARAN MENCERITAKAN TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 6 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FITRIANI, RAMADHANI (2020) EFEKTTIVAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALA MPEMBELAJARAN MENCERITAKAN TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII SMPN 6 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
COVER- BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment semu. Sampel penelitian terdiri dari 66 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas VII A berjumlah 32 siswa dan kelas VII B berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data berupa hasil tes belajar yang dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (pretest dan posttest). Proses kegiatan belajar mengajar kelas eksperimen dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran CTL pada kelas kontrol dengan tidak menggunakan model CTL. Hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL memperoleh hasil kurang lebih baik. Hasil belajar tersebut dapaat dilihat dari hasil postest eksperimen 73,24 kelas control 69,85. Perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney sample test menunjukkan bahwa uji Mann-Whitney pada kelas kontrol signifikansi 0.08<0.05, kelas eksperimen uji Mann-Whitney pada kelas eksperimen tidak signifikansi 0.00>0.05. Dapat diputuskan bahwa penelitian model CTL tidak efektif di kelas eksperimen. Kata Kunci : Efektivitas, CTL, Teks Fabel

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerTITIN, UNTARInidn0810106301
ReviewerBAIQ, DESI MILANDARInidn080812890
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, CTL, Teks Fabel
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:39
Last Modified: 02 Mar 2020 04:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item