ZIAH, KURNIATI (2023) PERAN GURU PPKn DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SMP NEGERI 1 BOLO TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text (similarity check)
24 7 ZIAH KURNIATI.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 1 Bolo, bahwa perilaku bullying fisik pada siswa-siswi yang bersekolah di SMP Negeri 1 bolo berada pada kategori rendah dari jumlah keseluruhan siswa 574 siswa, dari 25 orang responden. berpendapat bahwa tingkat perilaku bullying fisik berada pada angka 37 %, dari jumlah siswa 574, dan jumlah guru 76 orang dan staff 24 sedangkan perilaku bullying verbal pada siswa-siswi yang bersekolah di SMP Negeri 1 bolo berada pada kategori rendah pula itu ,dikarenakan dari 25 orang responden yakni, 18% dari siswa, Staf 4% ,Guru 3%, serta perilaku bullying relasional pada siswa-siswi yang bersekolah di SMP Negeri 1 bolo terbilang cukup rendah, dikarenakan dari 25 orang responden berpendapat bahwa tingkat perilaku bullying relasional kisaran angka 25%. Jadi bisa di simpulkan dari hasil diatas bahwa angka kasus bullying di SMP Negeri 1 bolo berada di bawah angka 25%. Dalam penelitian ini rumusan masalah adalah Bagaimana bentuk- bentuk bullying yang ada di SMP Negeri 1 Bolo Tahun ajaran 2022/2023, Bagaimana dampak adanya bullying terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Bolo Tahun Ajaran 2022/2023? Bagaimana peran guru PPKn dalam upaya pencegahan Bullying di SMP Negeri 1 Bolo? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitia kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan teknik analisi data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa peran guru PPKn dalam penguatan Pendidikan karakter siswa sebagai upaya pencegahan bullying di SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2022/ 2023 sudah diterapkan, namun masih belum bisa dioptimalkan di karenakan masih banyak kendala- kendala yang di alami oleh pelaku dan korban.Kendalanya yang menyebabkan siswa di bullying yaitu cenderung dikarenakan adanya siswa yang mempunyai fisik kecil dan lemah, siswa yang kurang percaya diri, susah menyesuaikan diri, susah menyesuaikan dengan lingkungan, dan dianggap tidak menarik di lingkungan usia remaja seperti siswa yang mempunyai kulit sawo matang, hidung pesek dan lain sebagianya
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru PPKn Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sebagai Upaya Pencegahan Bullying | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ziah Kurniati | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:57 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:57 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7646 |
Actions (login required)
View Item |