FITRIANINGSIH, FITRIANINGSIH (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA-SISWI KELAS Vlll DI SMPN 5 LEMBAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
COVER-BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text (similarity check)
SKRIPSI FITRIANINGSIH FIXX.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan mempunyai peran penting dalam menentukan kemajuan dari suatu bangsa. Melalui pendidikan seserorang juga dapat merubah pola pikirnya. Pendidikan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh kesempatan, harapan dan pengetahuan agar dapat hidup secara lebih baik lagi. Pendidikan dapat menjadi kekuatan untuk melakukan perubahan menuju kondisi yang lebih baik. Dalam pembelajara PPKn di SMPN 5 Lembar siswa dituntut membangkitkan aktivitas belajar dalam proses pembelajaran karena pembelajaran PPKn dibutuhkan prestasi belajar siswa dengan cara memanfaatkan rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran PPKn. Menurut Aji (2017:31). Tujuan dari Penelitian ini Untuk mengetahui Implementasi ModelProblem Based Learning dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII di SMPN 5 Lembar Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif pendekatan eksperimen. Lokasi penelitian di sekolah SMPN 5 Lembar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan teks tes. Teknik analisis data dilakukan adalah uji validitas, reabilitas dan uji kesamaan dua rata-rata data / uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi model Problem Based Learning pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII di SMPN 5 Lembar dapat meningkatkaan Prestasi belajar siswa-siswa, 2) hasil perhitungan menunjukan bahwa Terdapat perbedaan prestasi belajar siswa siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran PBL, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung>ttabel (3,921>2,068) maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 5 Lembar Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Prestasi Belajar Siswa | |||||||||
Subjects: | 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Fitrianingsih Fitrianingsih | |||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:10 | |||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:10 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7645 |
Actions (login required)
View Item |