ASDIN, ASDIN (2023) ANALISIS KERUSAKAN PADA PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA DAN PCI (STUDI KASUS : JALAN RAYA GERUNG LEMBAR). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-BAB III PDF.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V-LAMPIRAN PDF.pdf Download (1MB) |
|
Text (similarity check)
Skripsi Asdin.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan raya merupakan salah satu sarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting untuk kehidupan manusia. Untuk memudahkan mobilitas masyarakat sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan kapasitas yang diperlukan, bila terjadi kerusakan jalan maka akan terhalang kegiatn masyarakat sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan. Keberadaan jalan raya Gerung Lembar memenuhi kebetuhan arus lalu lintas masyarakat sekitar dan angkutan barang ke daerah sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan yang terdapat pada lapis permukaan perkerasan lentur, menganalisis perbandingan hasil pengolahan data menggunakan metode PCI dan bina marga dan jenis penanganan yang tepat terhadap kerusakan. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis kerusakn pada ruas jalan raya Gerung Lembar adalah metode bina marga dan PCI. Dari hasil analisis data maka didapatkan jenis-jenis kerusakan yang ditemukan pada ruas jalan raya Gerung Lembar adalah mengembang, permukaan berbutir, berlubang, retak kulit buaya, retak pinggir, dan retak memanjang. Hasil analisa rata-rata dari metode bina marga untuk ruas jalan raya Gerung Lembar adalah 10, dimana hasil ini menunjukkan bahwa jalan ini termasuk kategori program pemeliharaan rutin. Sedangkan untuk hasil analisa rata-rata metode PCI pada ruas jalan Gerung Lembar didapatkan 57, 13, dimana hasil ini menunjukkan jalan ini tergolong dalam klarifikasi jalan baik (good) jenis kerusakan terparah persegmen yaitu pada segmen 1, segmen 5, segmen 6 dan segmen 15 terdapat jenis kerusakan terparah yaitu jenis kerusakan berlubang, pada segmen 2, segmen 11, segmen 12, dan segmen 13 terdapat jenis kerusakan terparah yaitu permukaan berbutir, untuk segmen 3, segmen 4, dan segmen 7 terdapat jenis kerusakan terparah yaitu retak kulit buaya, pada segmen 8, segmen 9 dan segmen 10 tidak terdapat jenis kerusakan, dan untuk segmen 14 terdapat jenis kerusakan terparah yaitu mengembang.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan Jalan, PCI, Bina Marga, Kerusakan Jalan | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Asdin Asdin | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2023 07:24 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2023 07:24 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7493 |
Actions (login required)
View Item |