PERANCANGAN BETON PRATEGANG TIPE I-GIRDER PADA JEMBATAN SAMOTA SUMBAWA

NOVI, SURYADITA RAHMADANI (2023) PERANCANGAN BETON PRATEGANG TIPE I-GIRDER PADA JEMBATAN SAMOTA SUMBAWA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
1COVER-BAB III.pdf

Download (9MB)
[img] Text
2BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
3BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan adalah suatu bangunan yang memungkinkan suatu jalan menyilang sungai atau saluran irigasi, lembah atau melintasi jalan lain yang tidak sama tinggi permukaannya. Jembatan Samota adalah jembatan yang melintasi Sungai Brang Biji, Labuan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Jembatan Samota akan direncanakan ulang (redesign) menggunakan beton prategang dengan jenis balok girder yang digunakan adalah PC I Girder (Prestressed Concrete I Girder) dengan bentang 80 m dan lebar 11 m untuk mengetahui kemampuan menahan beban-beban yang bekerja pada jembatan, sehingga didapat suatu struktur jembatan yang aman. Perencanaan dimulai dengan pengunpulan data-data yang diperlukan seperti panjang dan lebar jembatan, lebar trotoar dan lainnya. Dasar perencanaan jembatan yang digunakan adalah Pembebanan untuk jembatan (SNI 1725:2016) dan Perencanaan jembatan terhadap beban gempa (SNI 2833:2016). Data-data perencanaan tersebut kemudian digunakan sebagai perencanaan awal penampang dan perhitungan pembebanan. Adapun penampang yang akan didesain menggunakan PC I-Girder (Precast Concrete I Girder) strandar dari PT Waskita Precast Tbk. Pada tahap awal perencanaan yang dilakukan adalah menentukan dimensi-dimensi utama seperti tiang sandaran, lantai kendaraan sampai analisa pembebanan yang terjadi yaitu analisa beban sendiri, beban mati, beban mati tambahan, pengaruh temperatur, pengaruh susut dan rangkak, gaya rem, beban gempa, beban angin, analisa kehilangan prategang, lendutan serta momen. Kemudian, dilakukan perhitungan penulangan pada PC I-Girder sampai kepada perencanaan elastomer jembatan. Hasil dari perencanaan Jembatan Samota dengan bentang 80 m (40+40) didapatkan tinggi PC I-Girder adalah 2.10 m yang terdiri dari 4 tendon 2 dikiri dan 2 dikanan dengan 12 strands pada setiap tendon. Diameter strands 15.24 mm dan diameter duct 85 mm. Beban yang diterima PC- I Girder adalah 636777.600 kg.m untuk beban mati sendiri (MS), 59153.044 kg.m untuk beban mati tambahan (MA), 406980 kg.m untuk beban lajur “D”, 8183.250 kg.m untuk gaya rem, 3003.250 kg.m untuk beban angin dan 179378.728 kg.m untuk beban gempa. Total kehilangan prategang akibat gesekan angkur, gesekan pada kabel, akibat rangkak dan susut, relaksasi dan perpendekan elastis beton adalah 2965.791 kN dengan presentase kehilangan prategang 29.626 %.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHARIYADI, HARIYADInidn0027107301
Thesis advisorNURUL, HIDAYATInidn0815049401
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Beton Prategang PC I Girder, Jembatan Samota
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Novi Suryadita Rahmadani
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:39
Last Modified: 21 Jul 2023 06:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7432

Actions (login required)

View Item View Item