PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU DAN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DESA TOLOKALO KECEMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU

HARTATI, HARTATI (2023) PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU DAN MINAT BELAJAR ANAK-ANAK USIA 6-12 TAHUN DI DESA TOLOKALO KECEMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
HARTATI (3).doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB) | Request a copy

Abstract

Di Desa Tolokalo anak-anak usia 6-12 tahun belum bisa memanfaatkan gadget dengan baik dan benar. Hal itu terjadi dikarenakan anak-anak sudah terbiasa menggunakan gadget hanya sebagai media hiburan saja. Sehingga terjadi perubahan pada perilaku dan minat belajar anak-anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan gadget terhadap perilaku dan minat belajar anak-anak usia 6-12 tahun di Desa Tolokalo Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian terdiri dari, Anak usia 6-12 tahun, Orangtua, Ketua RT 03, Kepala Desa Tolokalo, Guru SDN 05, dan Guru MI (Madrasah Ibtidayah). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi Serta dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman untuk menyajikan data agar mudah dipahami, maka langkah-langkah kegiatan dalam analisis yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (cunclutions). Hasil kesimpulan dalam penelitian ini adalah: pertama kebanyakan anak-anak menggunakan gadget sebagai media hiburan yaitu dengan nonton dan bermain game. Jarang anak-anak memanfaatkan gadget untuk belajar. selain itu, terjadi perubahan pada perilaku dan interaksi anak-anak dalam keluarga. Kebanyakan anak-anak akan marah ketika diganggu saat bermain dengan gadget. Namun anak-anak masih menghormati orang yang lebih dewasa darinya. Selain perubahan pada perilaku, terjadi perubahan pada interaksi anak-anak dengan keluarga setelah penggunaan gadget, interaksi anak-anak dalam keluarga dan dengan lingkungan disekitarnya berkurang dikarenan anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain dengan gadget. Kedua kurangnya kesadaran orang tua dalam mengawasi dan mengontrol serta membatasi anak-anaknya dalam penggunaan gadget. Ketiga gadget berpengaruh besar pada minat belajar anak-anak dikarenakan anak-anak lebih mengabiskan waktunya untuk bermain gadget dari pada belajar. Namun ada beberapa anak-anak yang memiliki minat dan prestasi belajar yang meningkat. Hal itu tergantung bagaimana orang tua membatasi waktu anaknya dengan bermain gadget yaitu dengan membagi waktu belajar dengan bermain gadget. Minat belajar anak-anak mengalami peningkatan jikalau dikontrol dan diawasi saat bermain gadget dan minat belajar anak-anak juga menurun dikarenakan tidak dikontrol dan diawasi saat menggunakan gadget.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMAEMUNAH, MAEMUNAHnidn0802056801
Thesis advisorDEVIANA, MAYASARInidn0820068702
Uncontrolled Keywords: Gadget, Perilaku, dan Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hartati Hartati
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:01
Last Modified: 21 Jul 2023 02:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item