PENGGUNAAN MEDIA KARTU PERMAINAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018-2019

Hariati, Hariati (2019) PENGGUNAAN MEDIA KARTU PERMAINAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2018-2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada hakikatnya media pembelajaran adalah segala bentuk yang dipergunakan orang untuk proses informasi dalam pembelajaran guna memberikan motivasi dan inovasi pada pembelajaran agar dapat terjadi proses belajar mengajar yang efektif dan efesien. Mengenai media yang akan diteliti adalah media kartu permainan. Media kartu permainan adalah sebuah media yang mengajak siswa belajar sambil bermain dan berbetuk persegi panjang. Penggunaan media kartu permainan ini berperan penting terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas 2 SD ‘Aisyiyah 1 Mataramkarena dalam pembelajaran menggunakaan media kartu permainan ini siswa diajak belajar sambil bermain untuk meningkatkan keberanian siswa dalam unjuk diri didepan kelas untuk memindahkan gambar tata cara wudhu dengan urutan yang benar sehingga media ini membuat siswa berfikir kritis dan kemauan siswa dalam perpartisipasi aktif dalam kelas. Langkah awal yang dilakukan guru dalam penggunaan media kartu permainan yaitu menyiapkan RPP beserta materi yang akan diajarkan, dan menyiapkan jauh-jauh hari media agar guru ddapat berlatih terlebih dulu sebelum hari mengajar tiba.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Oleh karena itu peneliti akan mendeskripsikan segala bentuk temuan data yang diperoleh dilapangan penelitian. Adapun data yang didapatkan merupakan data deskriftif yang berupa informasi atau keterangan-keterangan yang terkait dengan judul yang sedang diangkat dan bukan dalam bentuk angka. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Hasil penelitian yang peneliti lakukan yaitu guru sudah maksimal dalam penggunaan media kartu permainan terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 SD ‘Aisyiyah 1 Mataram. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Kata kunci : Media kartu Permainan-peningkatan prestasi belajar

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerMustapa, aliUNSPECIFIED
ReviewerMardiah, HayatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:28
Last Modified: 27 Nov 2019 02:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item View Item